15.1.09

Setiap orang (Manusia) pasti pernah mengalami saat-saat sulit dalam menjalani kehidupannya, karena kita bukanlah manusia yang sempurna. Kadang kesulitan itu memang membuat seseorang frustasi, bingung, stres, panik, putus asa dan sikap negatif lainnya, Namun hal ini hanya terjadi pada kebanyakan orang yang hidupnya jauh dari tuntunan Al-Qur`an, mungkin saya sendiri adalah seorang yang termasuk dari golongan orang yang jauh dari tuntunan AL-Qur,an. Karena saya sendiri juga baru belajar untuk bisa menerima kenyata,an yang ada dan ikhlas.


Bagi seorang mukmin tentu berbeda dalam menyikapi berbagai kesulitan hidup yang dihadapinya.Mereka memahami bahwa kesulitan atau ujian diberikan oleh Allah dalam rangka menguji hamba-Nya. Dan mereka tahu bahwa kesulitan itu dibuat untuk membedakan antara mereka yang benar-benar beriman dan mereka yang memiliki penyakit di hatinya, yaitu mereka yang tidak tulus dalam meyakini keimanan mereka. Karena itu, ujian atau kesulitan yang hadir dalam kehidupan kita akan menunjukkan siapakah kita sebenarnya. Allah menjelaskan melalui firman-Nya, bahwa Dia akan menguji manusia untuk melihat siapakah yang benar-benar beriman.

“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar.” (Ali Imran: 142)

“Allah sekali-kali tidak akan membiarkan orang-orang yang beriman dalam keadaan kamu sekarang ini, sehingga Dia menyisihkan yang buruk (munafik) dari yang baik (mukmin)….”(al-Baqarah: 179)

Ketika membaca terjemahan ayat tersebut, hendaknya semakin menambah kesadaran kita bahwa kehidupan ini memang dipenuhi dengan aneka masalah dan berbagai kesulitan.

maksudnya adalah : tempat pembebanan. Tidak ada seorang pun yang terbebas dari masalah selama mereka hidup di dunia. Dan sungguh merugi orang yang larut dalam kesedihan, kesedihan yang panjang justru akan semakin menyulitkan diri dalam menghadapi masalah. Hanya dengan keberanian untuk bangkit dan bersabar, kesulitan itu akan terasa mudah. Berbahagialah orang yang mampu bersabar dalam menghadapi setiap kesulitan hidup, karena Allah beserta orang-orang yang sabar.

Baca-Baca Yang Ini Juga

4 Komentar Teman:

ipanks mengatakan...

betul itu bro.aku setuju dengan kamu.ikhlas itu penerapannya susah banget yap

Anonim mengatakan...

ya ka aku setuju banget.....ttt!!!

edisamsuri mengatakan...

dijaman yang serba keras dan susah ini hanya kesabaran dan keiklasan yang mampu membuat kita bertahan lama

completeada mengatakan...

jaman sekarang serba sulit, apa-apa sulit, tapi yang penting kita harus bisa menghadapinya jang mempersulit keadaan dengan terus-terusan memikirkan itu sulit.

Posting Komentar