28.5.08

Hal Yang Perlu Disiapkan Oleh Calon Pencari Kerja

1. Daftar Riwayat hidup. Dalam Bahasa Latin (Curriculum Vitae)

Curriculum Vitae adalah : merupakan presentasi perjalanan formal diri seseorang yang sangat penting. CV memuat semua fakta yang relevan mengenai latar belakang. Kualifikasi dan pengalaman kerja kepada calon majikan dalam format yang teratur dan mudah dipelajari.

· Menulis Riwayat Hidup :

Ikhtisar riwayat hidup anda harus memikat, relevan, akurat, jujur (jangan melebihkan kemampuan anda) singkat, jelas, hindari penulisan yang bertele-tele, ditulis dikertas kuarto ukuran (210 x 297 mm).

· Basic Resume (ikhtisar Dasar)

Teknik pembuatan curriculum vitae bagi calon tenaga kerja baru yang belum mempunyai pengalaman kerja adalah : Resume harus menekankan pada kualifikasi pendidikan. Menonjolkan setiap prestasi akademis yang dicapai, mencantumkan kegiatan extra kurikuler dan hooby.

2. Surat Lamaran

· Surat lamaran adalah: sesuatu yang sangat penting, bahkan disebut surat penjualan, maka pelamar harus menyusunnya dengan cermat sehingga calon majikan cukup terkesan untuk membuatnya memberikan kesempatan wawancara.

· Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat surat lamaran :

a. Harus mempunyai kualifikasi/pengalaman kerja yang dibutuhkan untuk posisi yang dilamar.

b. Anda harus membangkitkan minat terhadap kualifikasi anda.

c. Mencantumkan catatan prestasi kerja serta penghargaan yang pernah diperoleh.

d. Tonjolkan hal-hal positif pada diri anda.

e. Surat harus ditulis menurut sudut pandang pembaca (majikan).

f. Buatlah surat lamaran anda benar-benar beda dengan yang lain.

g. Menimbulkan kesan yang tepat

h. Bagus dalam penampilan

i. Surat lamaran bebas dari cacat.

3. Wawancara

Wawancara dilakukan dengan tujuan sebagai berikut :

· Menelaah informasi tentang calon dalam isi surat lamaran

· Memeriksa aspek fisik, mental, dan social calon

· Untuk menyaring calon untuk posisi tertentu/lowongan yang terbatas

· Menunjuk calon terbaik yang mempunyai potensi terbesar untuk berkontribusi bagi pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan.

23.5.08

Catatan Pendahuluan

Istilah analisis sosial atau analisis kemasyarakatan tidak selalu dipakai dalam arti yang sama. Dalam arti sempit dimaksudkan usaha untuk menganalisis suatu keadaan atau masalah sosial secara objektif, terlepas dari soal siapa akan membuat apa dengan analisis itu kemudian. Jadi, analisis sosial bukanlah alat bantu siap pakai untuk membereskan masalah-masalah sosial.

Dalam arti luas, analisis sosial dalam arti sempit tadi dipakai dalam hubungan dengan usaha mengubah keadaan atau memecahkan masalah yang dianalisis. Jadi, analisis sosial mencoba mengaitkan analisis ilmiah dengan kepekaan etis, artinya memperhatikan dan memikirkan tindakan yang mau dilaksanakan. Dalam arti ini, analisis sosial mengandaikan dan mengandalkan nilai-nilai etis tertentu. Analisis dipergunakan sebagai alat saja untuk memperjuangkan tujuan tertentu. Maka, kedua pengertian ini tidak bertentangan, sebab analisis dalam arti pertama selalu harus mendasari analisis dalam arti luas.

Langkah-langkah kongkret Analisis Sosial
Metode analisis sosial ini dapat dipergunakan untuk menganalisis satuan-satuan sosial (misalnya desa, Ormas), masalah-masalah sosial (misalnya pengangguran, narkoba, masalah kepelajaran/pendidikan) lembaga-lembaga sosial (misal sekolah, proyek pembangunan). Dls. Langkah-langkah konkret berikut ini pertama-tama dimaksudkan untuk ditempuh bersama-sama dalam bentuk kelompok kerja oleh orang yang berkepentingan atau berminat, Biasanya didampingi oleh seseorang yang sudah berpengalaman dan/ atau yang bisa membantu sebagai nara sumber.

Langkah 1-6 merupakan usaha mengadakan, mengatur dan mempersiapkan bahan analisis. Dalam langkah 7-10 bahan itu dianalisis secara mendalam. Langkah 11 merupakan refleksi etis (teologis). Langkah 12 adalah awal pemanfaatan usaha analisis demi praksis dan politik yang kreatif. Kalau ada waktu secukupnya, maka semua langkah bisa dijalankan satu demi satu. Kalau waktu tidak cukup luas, maka sekurang-kurangnya beberapa langkah penting sebaiknya dijalankan dengan memakai bahan bantuan dari pendamping analisis.

Langkah - Langkah Konkret – Praktis

1. Memilih dan menentukan sasaran analisis. Pilihan itu harus didasari oleh alasan-alasan yang masuk akal.

2. Masing-masing peserta kelompok mengungkapkan dan mempertanggungjawabkan pendirian pribadi. Dengan kata lain, premis-premis nilai mereka yang hendak menjadi landasan dan tolak ukur sementara dalam usaha menganalisis sasaran yang sudah dipilih. Langkah ini lebih merupakan tukar pikiran (sharing) daripada diskusi dan mengadaikan keterbukaan untuk koreksi atau pengembangan pendirian itu.
Deskripsi: seperti apa keadaannya?

3. Mengumpulkan fakta dan data dalam segala bentuk (a.l. pengalaman, informasi lisan, statistik, laporan, angket kecil, observasi, guntingan koran) yang masih bersifat agak kebetulan dan kurang teratur (brainstorming). Dengan demikian dapat diperoleh sekedar deskripsi masalah yang hendaknya tidak dicampuradukkan dengan penilaian pribadi.

4. Mengelompokkan fakta dan data tersebut secara pragmatis ke dalam tiga kolom bidang kehidupan masyarakat, yaitu: (a) politik, (b) ekonomi dan (c) sosio-budaya. Seperlunya dan sesuai dengan sasaran analisis dapat ditambah satu kolom lagi, misalnya (d) IRM/ Muhammadiyah. Ke dalam kolom-kolom itu bisa dimasukkan fakta dan data tambahan, terutama yang menyangkut kerangka dan masalah-masalah nasional, umpamanya dengan bantuan istilah-istilah klasifikasi dari ketiga bidang di atas.

5. Fakta dan data dalam masing-masing kolom itu dirangkum secara sistematis per kolom ke dalam kira-kira 10 rumusan pokok yang mengungkapkan suatu masalah, hubungan sebab akibat, dst. Secara singkat, mengena dan padat; jadi jangan terlalu umum atau terlalu khusus. Seringkali satu atau dua kata kunci (antar kurung bisa ditambah beberapa kata konkretisasi) sudah memadai dan paling mudah untuk kerja kelompok selanjutnya. Sekedar contoh: birokrasi (berbelit-belit, simpang siur, kaku, sewenang-wenang); jurang kaya-misin melebar (kemewahan, pemborosan, pendapatan).

6. Memberikan bobot terhadap rumusan-rumusan pokok di dalam masing-masing kolom itu menurut mendesaknya (masalah besar) dan/atau pentingnya (faktor strategis) kenyataan yang diungkapkan oleh tiap-tiap rumusan. Langkah ini juga bisa ditempuh lewat pemberian nilai bobot secara kuantitatif (nilai 10 untuk rumusan terpenting, nilai 9 untuk urutan kedua, dst) oleh masing-masing peserta. Kemudian hasilnya dijumlahkan dan dibahas bersama sehingga kelompok masih bisa mengadakan perubahan secara mufakat. Pembobotan ini hendak berdasarkan pengetahuan, tetapi jelas juga mengandung nilai-nilai.

Analisis mengapa keadaan itu demikian? Apa latar belakangnya?

1. Terhadap bahan yang sudah disiapkan ini perlu dikemukakan pertanyaan terus-menerus: Mengapa semua itu demikian? Apa sebab-musababnya yang lebih mendalam? Dengan perkataan lain, perlulah membongkar struktur-struktur dalam (vertical analysis) dari rumusan masalah dalam masing-masing kolom di atas (misalnya dengan menghubung-hubungkan mereka dengan anak-anak panah). Dalam hal ini, para peserta juga bisa bertitik tolak dari beberapa analitis (yang berguna pula untuk meninjau kembali hasil analisis), misalnya:

a. Politik:

- Bagaimanakah pembagian kuasa?

- Siapa yang mengambil keputusan?

- Siapa yang tidak diikutsertakan?

- Siapa yang diuntungkan oleh keputusan-keputusan itu? Siapa yang dirugikan?

- Bagaimana cara dan proses pengambil keputusan?

- Golongan dan kelompok masyarakat manakah (baik formal maupun informal) yang mempunyai pengaruh politis?

- Siapa yang memiliki dan mengawasi alat-alat kuasa (lembaga-lembaga hukum, polisi, tentara)? Peranan konstitusi?

- Pola organisasi dan wibawa (kuasa) manakah yang dianut?

- Dalam bentuk apa rakyat berpartisipasi dalam politik?

- Apakah ada aliran-aliran politik yang berbeda-beda?

- Siapa memperjuangkan ideologi mana dan tujuan politik mana?

- Bagaimanakah hubungan antara negara dan agama-agama?

b. Ekonomi:

- Bagaimanakah produksi (organisasi, teknologi), perdagangan, pembagian dan konsumsi barang-barang dan jasa-jasa diatur?

- Sistem dan kebijaksanaan ekonomi manakah yang diandalkan?

- Bagaimanakah hubungan antara modal dan tenaga kerja?

- Siapa yang diuntungkan oleh tata dan kebijakan ekonomi itu? Siapa yang dirugikan?

- Apakah peranan uang, bunga uang, dsb?

- Siapa yang menguasai sumber-sumber daya alam?

- Bagaimanakah pembagian milik harta?

- Siapa yang mempunyai sarana-sarana produksi (tanah, modal, teknologi, pendidikan)? Adakah konsentrasi kuasa ekonomi?

- Apa akibat-akibat dari cara prduksi dan konsumsi bagi lingkungan hidup dan alam?

- Sejauhmana ada pengaruh-pengaruh ekonomi internasional?

c. Sosio-budaya:

- Nilai-tradisi dan lambang manakah yang dianut dan diandalkan oleh masing-masing golongan masyarakat?

- Bagaimana semua itu tampak dalam bahasa sehari-hari?

- Agama daan idelogi mempunyai pengaruh apa?

- Nilai, ideologi dan “mitos” manakah yang menentukan politik dan ekonomi?

- Manakah sikap-sikap dan harapan-harapan pokok yang terdapat dalam masyarakat?

- Hubungan-hubungan sosial manakah yang paling penting dalam masyarakat? Dalam struktur dan institusi sosial mana hubungan tersebut diwujudkan?

- Apakah ada masalah-masalah sosial yang khusus?

8. Mencari kesamaan dan perbedaan antara hubungan-hubungan dalam itu (cross analysis) dengan membandingkan hasil analisis vertikal dalam masing-masing kolom. Sehubungan dengan itu bisa ditanyakan a.l:

§ Manakah ciri-ciri khas yang sama di semua bidang hidup masyarakat?

§ Apakah yang akhirnya memapankan masyarakat seluruhnya itu?

§ Adakah salah satu bidang atau segi yang sangat dominan?

§ Apakah ada ketegangan atau pertentangan antara satu bidang dengan bidang lainnya?

§ Apakah terdapat gejala ke arah konflik dan masalah yang harus dihadapi di masa depan?

§ Segi historis: bagaimana semua itu terjadi? Masa depannya?

9. Meninjau dimensi historis dari semua hasil analisis di atas, misalnya dengan bertanya:

- Bagaimana keadaan sekarang bisa diterangkan secara historis? Apakah ada periode, peristiwa-peristiwa dan saat-saat peralihan yang sangat penting?

- Apakah ada perubahan-perubahan besar dalam tahun-tahun terakhir ini? Apakah ada dinamika perkembangan tertentu dalam masing-masing bidang atau masyarakat keseluruhan?

- Ke arah masa depan tendensi apa saja yang terasa dan sudah tampak?

- Apa kiranya akan terjadi sepuluh tahun lagi kalau keadaan dewasa ini diteruskan saja dan tidak berubah?

- Apakah ada sumber-sumber daya cipta dan harapan?

10. Menyusun sekedar rangkuman hasil analisis, misalnya dengan merumuskan sejumlah tesis pokok (masing-masing 1-3 kalimat), yang merupakan semacam “hukum-hukum umum” (prinsip-prinsip yang dalam kenyataannya menentukan) di belakang keadaan atau masalah yang diselidiki. Tepat tidaknya tesis-tesis itu perlu ditinjau kembali terus menerus apakah sungguh berdasarkan dan sesuai dengan fakta dan data yang sudah dikumpulkan.

11. Meninjau kembali dan menyoroti secara kritis premis-premis nilai yang diutarakan oleh para peserta kelompok dalam tahap kedua. Dalam hubungan ini perlu diperiksa dan dibahas bersama-sama, dengan memperhatikan hasil analisis, apakah nilai-nilai itu memang “berguna, berarti, masuk akal dan dapat diwujudkan”. Sebagai titik tolak dapat diajukan pertanyaan seperti misalnya:

- Bagaimana saya mengalami kenyataan yang dianalisis itu?

- Bagaimana saya mengartikan dan menilainya?

- Di mana tempat saya dalam kenyataan itu?

Dari pertanyaan semacam itu akan timbul sejumlah keprihatinan manusiawi (yang seharusnya menantang orang-orang beriman untuk merumuskan keprihatinan iman mereka).

Berdasarkan refleksi itu, kelompok mencari kesepakatan tentang nilai dan tujuan konkret yang hendak dipegang dan diperjuangkan bersama-sama (usaha ini merupakan refleksi teologis kalau dijalankan berdasarkan iman).

Keputusan: apa yang bisa dibuat? Apa yang akan kita buat?

12. Menarik beberapa kesimpulan tentang apa yang ingin dan bisa diusahakan secara perorangan atau bersama-sama. Seberapa konkret kesimpulan itu, memang sangat tergantung dari bentuk analisis yang diadakan, yaitu apakah pertama-tama sebagai latihan ataukah sebagai usaha nyata dari suatu kelompok yang hidup atau bekerja bersama. Dalam menyusun suatu kebijakan atau program kerja perlu diperhatikan “apa yang yang dapat dijangkau”, mengingat bermacam-macam halangan dan hambatan yang selalu ada. Perlu juga perencanaan dengan strategi yang hendak ditempuh, prioritas-prioritas serta operasionalisasi dari semua itu.

Evaluasi: Sejauh mana tindakan yang diambil berhasil?

- Apa yang dicapai? Apa yang tidak berhasil?

- Manakah efek-efek sampingan yang tidak diinginkan?
- Mengapa ada kegagalan? Apakah ada kesalahan dalam analisis? Ataukah dalam perencanaan? Ataukah dalam pelaksanaan?

21.5.08

Kondisi warnet di Indonesia memiliki ciri sendiri tiap tahunnya, jika kita mengikuti milis warnet terbesar di Indonesia ( bahkan mungkin di dunia? ) yang aktif di Yahoo Groups sejak tahun 2000. Maka di tahun 2000 kita dapat membaca bahwa keluhan warnet sebagian besar pada mahalnya biaya dial-up dan masih berlangsung di tahun 2001, tapi di tahun-tahun berikutnya 2002 dan 2003 mulai bermunculan pilihan koneksi selain dial-up dengan harga terjangkau seperti Wireless/Wifi, Cable, ADSL.
catatan: milis awari sendiri sudah lama aktif dimana saya sendiri terdaftar sejak milis masih berada di server egroups.

Di tahun 2004 dan 2005, yang menonjol dari warnet adalah isu legalitas perangkat lunak. Walau sebenarnya beberapa pakar dan aktifis TI yang memiliki perhatian sudah menyuarakan isu ini sejak UU HAKI disahkan, namun gaungnya tidak seheboh ketika isu Sweeping Warnet oleh Kepolisian mulai di lakukan.

Bagaimana di tahun 2006 ini? Apakah kondisi warnet sudah lebih baik dari sebelumnya?Persoalan Klasik
Secara umum, tidak ada kemajuan yang signifikan dari kondisi per warnetan di Indonesia. Persoalan-persoalan klasik warnet masih pada:

· Mahalnya harga bandwidth
· Kualitas Bandwidth
· Persaingan harga antar Warnet
· Kualitas SDM

Dan saat ini persoalan-persoalan itu bertambah, yaitu:

· Legalitas Perangkat Lunak versus Biaya Tinggi Perangkat Lunak
· Warnet Open Source masih menerima resistensi dari kalangan warnet sendiri walaupun sudah ada success story.
· Rendahnya perlindungan hukum terhadap warnet.
· Perampokan Warnet di Jabotabek.

Legalitas Perangkat Lunak merupakan persoalan yang sangat menarik sebab walaupun internet adalah gudang Informasi, namun tidak sedikit warnetters ( pemilik, pengelola, operator ) yang tidak mengerti atau peduli terhadap legalitas perangkat lunak, bahkan pertanyaan mengenai legalitas perangkat lunak ini termasuk yang paling sering dipertanyakan di milis selain pertanyaan mengenai ISP, Billing System, Ijin Warnet, Pornografi dan Teknologi Komunikasi Data.
Berita Baik
Di luar persoalan-persoalan di atas, ada juga berita yang baik yaitu:

Walaupun warnet terkenal sebagai bidang usaha yang cukup rumit dan tricky, namun tidak pernah kehilangan peminat dari kalangan entrepreneur muda untuk masuk ke bidang usaha ini. Ini terlihat dari member mailing list yang baru rata rata bergabung karena ingin mendirikan warnet.

Selain itu, beberapa warnet ternyata sudah berhasil meningkatkan/memperluas usahanya sehingga menjadi jaringan warnet/franchise warnet maupun ISP dan ada juga warnet yang berhasil membuat distribusi linux untuk digunakan secara bebas bagi yang berminat.

Jika melihat diskusi yang terjadi di mailing list awari ( asosiasi-warnet@yahoogroups.com ) kita juga akan melihat betapa warnet-warnet sudah menyadari bahwa mereka sebaiknya tidak memberikan akses ke situs situs pornografi dan judi maupun memberikan akses ke pihak-pihak carder. Beberapa warnet malah berani mengusir pelanggan mereka yang menggunakan terminal warnet untuk mengakses pornografi, alasan utama bukan semata moril tapi menghindari warnet tersebut dari sangkutan dengan hukum.

Peran Pemerintah
Kembali ke kondisi Warnet, Pemerintah sebaiknya memberikan ruang bernapas yang lebih baik ke Warnet, aturan yang kondusif, perlindungan berusaha yang baik, akses ke penyediaan bandwidth yang murah, pelatihan managemen, etc. akan sangat membantu warnet melepaskan warnet dari kondisi “terjepit”. Dalam beberapa kasus, terjebaknya warnet ke pornografi, carding, judi, pembajakan software, berubah jadi game center adalah karena faktor “kejar setoran” yang apa boleh buat harus dilakukan dan di akui akan sulit di lakukan dengan baik dan benar jika Pemerintah tidak melindungi warnet-warnet yang telah berusaha menjalakan usahanya dengan benar.

Perlindungan ini juga berarti Polisi jangan mensweeping dan menyita perangkat warnet yang terbukti bersalah melanggar hukum, sebab tingginya faktor kerumitan pengelolaan warnet menyebabkan banyak warnet tidak menyadari apa yang mereka lakukan termasuk melanggar hukum. Kepolisian sebaiknya menjadikan warnet sebagai partner dalam menyuarakan legalitas perangkat lunak dan berinternet dengan sehat.

Sangat disayangkan jika Kepolisian demi menghambat pornografi, judi, terorisme dan pembajakan perangkat lunak harus mematikan akses ke arus informasi dan ilmu pengetahuan yang di sediakan warnet dengan harga yang murah dan terjangkau oleh masyarakat.

Sumber : http://tayuang.blogspot.com

Berikut ini 10 tips agar anda dapat tidur dengan nyenyak di malam hari:

1. Secara umum ada tiga lingkungan dasar untuk tidur nyenyak. Pertama, pastikan ruangan anda dibuat segelap mungkin. Ini mungkin berarti gelap pekat buatan, tirai yang gelap atau penutup mata untuk tidur. Yang kedua, ruangan haruslah tenang. Gorden tambahan atau equalizer peredam suara. Yang ketiga, suhu ruangan perlu dibuat adem atau dingin. Temperatur seharusnya sekitar 27 derajat atau dibawahnya.

2. Tidur yang buruk seringkali menjadi gejala dari kekuatiran, kecemasan, obsesi, rasa bersalah, kemarahan yang tidak dibereskan, depresi dan banyak masalah emosional dan spiritual. Pastikan bahwa anda tengah membereskan isu atau menyembuhkan luka yang membuat anda tercampak atau menjatuhkan diri anda. Bagian vital dari perawatan masalah ini haruslah menyerahkan semua pada Tuhan. Bebaskan Tuhan menangani dan menyembuhkan apa yang ada dibalik kemampuanmu.

3. Tidur tak nyenyak seringkali merupakan hasil rendahnya tingkat serotonin. Serotonin dapat ditambah melalui memakan makanan yang memicu terbentuknya serotonin. Ayam kalkun, produk susu, dan pisang adalah contoh bahan makannnya. Yang kedua, ada suplemen seperti 5HTP yang bisa menolong. Pengalaman lain dari kurangnya serotonin berkaitan dengan penyimpangan genetic, dimana diperlukan adanya pengobatan. Jangan makan protein di malam hari karena itu dapat menjaga anda tetap terbangun. Makanlah makanan berkarbohidrat ringan pada satu atau dua jam sebelum jam tidur, seperti biscuit atau kue muffin, untuk mendapatkan tryptophan yang dialirkan ke otak melalui makanan yang anda makan sepanjang hari.

4. Setelah makan malam, ambil kegiatan seperti berjalan-jalan atau melakukan sejumlah olahraga, namun ingatlah untuk menyelesaikan semua ini paling tidak 3 jam sebelum jam tidur. Sebaliknya olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur dapat menjadi perangsang buruknya tidur. Olahraga yang lebih cepat dapat menolong anda menjadi relaks.

5. Sebelum anda siap untuk beristirahat, minumlah setengah cangkir teh herbal yang mengandung tumbuh-tumbuhan herbal atau kamomile.

6. Ubahlah apa yang anda konsumsi. Jangan minum (atau makan) sesuatu yang mengandung kafein sebelum malam tiba. Coklat, teh, kopi, minuman cola dan berbagai minuman yang mengandung kafein sebaiknya tidak dikonsumsi pada sore hari. Cek kandungan apapun yang anda konsumsi untuk memastikan tidak ada kafein, ephedra atau kandungan perangsang sulit tidur lainnya.

7. Cukup sinar matahari dibutuhkan sepanjang hari untuk mengatur siklus tidur. Jika anda memiliki penyimpangan dalam hal mengenali hari (istilahnya tidur "kalong atau kelelawar"), anda mungkin membutuhkan kotak lampu untuk menambahkan cahaya sepanjang hari. Anda dapat mempelajari tentang masalah pencahayaan ini di berbagai tulisan web lainnya.

8. Jika anda bergumul dengan masalah tidur, jangan pergi ke tempat tidur untuk menonton televisi. Jika anda tidak dapat tidur, pergilah ke ruangan lain dan coba membaca hingga anda mengantuk. Jangan bangun dan menonton televisi karena warna dan terang akan terus merangsang otak bekerja.

9. Jika anda terbangun di tengah malam, jangan hidupkan lampu atau mencari tahu jam berapa saat itu. Kedua hal ini dapat merangsang otak bekerja dan keluar dari kondisi tidur. Berbaring di ranjang dan tunggulah hingga anda kembali jatuh tertidur. Jika anda tidak kembali tertidur, bangunlah, pergi ke ruangan lain membacalah dibawah lampu yang agak temaram hingga anda kembali mengantuk. Kembali ke tempat tidur dan berbaring disana, beristirahat untuk sisa malam anda, meski anda mungkin tidak tertidur. Kebanyakan, anda akan setengah tertidur setengah terbangun tanpa menyadarinya. Terbangun secara singkat juga menjadi waktu yang baik untuk mengadakan saat teduh dengan Tuhan.

10. Cobalah untuk membangun satu rutinitas yang bekerja dan tetap tinggal didalamnya. Pergilah ke tempat tidur pada jam yang sama setiap malam dan bangun juga pada saat yang sama.

Sumber : Jawaban.com

14.5.08

Gatotkaca sangat hebat tapi sayang dia harus mati di usia muda. Kematian Gatotkaca sudah diatur oleh Prabu Kresna. Prabu Kresna menginginkan kemenangan sempurna bagi pihak Pandawa dalam perang Bharatayudha. Beliau takut dengan panah andalan Karna yang bernama Kunta. Kunta adalah senjata pemberian Batara Indra. Panah tersebut merupakan senjata yang maha ampuh, tidak ada senjata yang lebih hebat dari Kunta. Tapi sayang Panah Kunta hanya bisa digunakan sekali.

Rencana Karna untuk menggunakan Panah Kunta untuk menghadapi Arjuna. Tetapi melihat Gatotkaca begitu perkasa menghancurkan pasukan Kurawa. Pihak Kurawa putus asa dan meminta Karna untuk membunuh Gatotkaca tetapi Gatotkaca tidak bisa dihadapi karena Gatotkaca bisa tebang dan bersembunyi di balik awan dan kebal dengan semua senjata pusaka yang ada. Akhirnya Karna tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan Panah Kunta. Karena beliau sadar kalau Gatotkaca tidak dibinasakan maka seluruh Pasukan Kurawa lah yang akan binasa. Dan matilah Gatokaca. Jatuh dari atas langit meremuk bumi. Sebelum menyentuh bumi, Gatotkaca membesarkan tubuhnya sebesar gunung dan membunuh ribuan pasukan Kurawa.

Skenario Gatotkaca menghadapi Pasukan Kurawa sudah diatur oleh Prabu Krisna. Prabu Krisna percaya kalau Karna pasti akan menggunakan Panah Kunta-nya.

---

Sewaktu lahir, Gatotkaca berwujud raksasa bernama Putut Tutuka. Namun ketika di Kahyangan terjadi masalah karena diserbu pasukan raksasa yang dipimpin Sakipu, para dewa meminjam Tutuka kepada Bima. Terus Gatotkaca menang dan mendapat tiga hadiah dari pada dewa.

Hadiah pertama adalah brevet penerbang bernama “kotang Antakusuma” yang membuat Gatotkaca dapat terbang dengan cepat tanpa menimbulkan ledakan supersonik. Hadiah kedua adalah topi bernama Caping Basunanda, yang mempunyai kesaktian apabila panas tidak merasa panas dan hujan tidak menjadi basah. Hadiah ketiga, berupa sepatu “Pada Kacarma” yang mempunyai kesaktian tidak akan kualat walaupun melintasi daerah-daerah angker.

Kutipan dari buku “Wayang dan Karakter Manusia” karangan Ir. Sri Mulyono

Cerita lain yang lebih lengkap:

Raden Gatotkatja putera Raden Wrekiodara jang kedua, ibunja scorang puteri raksasa bernama Dewi Arimbi di Pringgadani.

Waktu dilahirkan Gatotkatja berupa raksasa ; karena sangat saktinja, tidak ada sendjata jang dapat snemotong tali pusatnja. Kemudian tali pusat itu dapat djuga dipotong tetapi sarung sendjata Karna jang bernama Kunta, tetapi sarung sendjata itu masuk kedalam perut Gatotkatja, dan menambah lagi kesaktiannja.

Dengan kehendak Dewa-Dewa, baji Gatotkatja itu dimasak sebagai bubur dan diisi dengan segala kesaktian ; karena itu Raden Gatotkatja berurat kawat, bertulang besi, berdarah gala-gala, dapat terbang diawan dan duduk diatas awan jang melintang. Ketjepatan Gatotkatja pada waktu terbang diawan sebagai kilat, liar sebagai halilintar.

Kesakrtiannja dalam perang, dapat mentjabut leher musuhnja dengan digunakan pada saat jang penting.

Gatotkatja diangkat djadi radja di Pringgadani, dan ia disebut kesateria di Pringgadani, karena pemerintahan negara dikuasai oleh keturunan dari pihak perempuan.

Dalam perang Beratajuda Gatotkatja tewas oleh sendjata Kunta Karna jang ditudjukan kepada Gatotkatja, waktu Gatotkatja bersembunji dalam awan. Gatotkatja djatuh dari angkasa mengenai kereta kendaraan Karna hingga hantjur lebur.

Gatotkatja beristerikan saudara misan, bernama Dewi Pregiwa, puteri Raden Ardjuna.

Dalam riwajat, Gatotkatja mati masih sangat muda, hingga sangat disesali oleh sekalian keluarganja.

Gatotkatja bermata telengan (membelalak), hidung dempak, berkumis dan berdjanggut. Berdjamang tiga susun, bersunting waderan, sanggul kadal-menek, bergaruda membelakang, berpraba, berkalung ulur2, bergelang, berpontoh dan berkerontjong, Berkain keradjaan lengkap.

Menurut kata dalang waktu Raden Gatotkatja akan mengawan, diutjapkan seperti berikut:

Tersebutlah, pakaian Raden Gatotkatja jang djuga disebut kesateria di Pringgadani: Berdjamang mas ber-sinar2 tiga susun, bersunting mas berbentuk bunga kenanga dikarangkan berupa surengpati. (Surengpati berarti berani pada adjalnja. Sunting serupa ini djuga dipakai untuk seorang murid waktu menerima ilmu dari gurunja bagi ilmu kematian, untuk lambang bahwa orang jang menerima ilmu itu takkan takut pada kematiannja). Bergelung (sanggul) bentuk supit urang (sepit udang) tersangga oleh praba, berkantjing sanggul mas tua bentuk garuda membelakang dan bertali ulur-ulur bentuk naga terukir, berpontoh nagaradja, bergelang kana (gelang empat segi). Berkain (kampuh) sutera djingga (merah tua), dibatik dengan lukisan seisi hutan, berikat-pinggang tjindai hidjau, bertjelana tjindai biru, berkerontjong suasa bentuk nagaradja, untjal (kain sebai) diberi emas anting.

Ditjeritakan, Raden Gatotkatja waktu akan berdjalan ia berterumpah Padakatjarma, jang berkuasa dapat mengawan tak dengan sajap. Bersongkok Basunanda, walaupun pada waktu panas terik takkan kena panas, bila hudjan tak kena air hudjan. Ditjeritakan Raden Gatotkatja menjingsingkan kain bertaliwanda, ialah kain itu dibelitkan pada badan bagian belakang Raden Gatotkatja segera menepuk bahu dan menolakkanlah kakinja kebumi, terasa bumi itu mengeram dibawah kakinja. Mengawanlah ia keangkasa.

Wajang itu diudjudkan sebagai terbang, jalah didjalankan, dari kanan kekiri, dibagian kelir atas sementara kali, lalu ditjatjakkan, ibarat berhenti diatas awan, dan dalang bertjerita pula:

Tersebutlah Raden Gatotkatja telah mengawan, setiba diangkasa terasa sebagai mengindjak daratan, menjelam diawan biru, mengisah awan dihadapannja dan tertutuplah oleh awan dibelakangnja, samar-samar tertampak ia dipandangan orang. Sinar pakaian Gatotkatja jang kena sinar matahari sebagai kilat memburunja. Maka berhentilah kesatria Pringgadani diawan melintang, menghadap pada awan jang lain dengan melihat kekanan dan kekiri. Setelah hening pemandangan Gatotkatja, turunlah ia dari angkasa menudju kebumi.

Adipati Karna waktu perang Beratajuda berperang tanding melawan Gatotkatja. Karna melepaskan sendjata kunta Widjajadanu, kenalah Gatotkatja dengan sendjata itu diarah pusatnja. Setelah Gatotkaja kena panah itu djatuhlah Gatotkatja dari angkasa mendjatuhi kereta kendaraan Karna, hingga hantjur lebur kereta itu.

Tersebut dalam tjerita, Raden Gatotkatja seorang kesateria jang tak pernah bersolek, hanja berpakaian bersahadja, djauh dari pada wanita.

Tetapi setelah Gatotkatja melihat puteri Raden Ardjuna, Dewi Pregiwa, waktu diiring oleh Raden Angkawidjaja, Raden Gatotkatja djatuh berahi, ketarik hati Gatotkatja lantaran melihat puteri itu bertjambang dan berhias serba bersahadja.

Berubah tingkah Raden Gatotkatja ini, diketahui oleh ibunja (Dewi Arimbi) dengan sukatjita dan menuruti segala permintaan Raden Gatotkatja. Kemudian puteri ini diperisteri Raden Gatotkatja.

Gatotkatja berwanda 1 Guntur, 2 Kilat 3 Tatit. 4 Tatit sepuh, 5 Mega dan 6 Mendung.

pandawa menerima wangsit untuk mempersiapkan wisuda senopati senopati perangnya untuk berperang dalam bharata yudha. sementara itu ada syarat yaitu membangun jalan dari kayangan ke tegal kurusetra untuk menjadi jalan para dewa yang akan menyaksikan perang bharata yudha. nah jalan dari kayangan itu akan melewati alas tunggulrono yang menjadi kawasan penguasa gatotkaca.

siapa bisa menyelesaikan tugas itu akan diwisuda menjadi senopatinya para senopati dan akan menjadi senopati andalan pandawa dalam perang bharata yudha. tugas diserahkan kepada gatotkaca yang digadang gadang pendawa untuk memimpin barisan pandawa saat melawan kurawa. sementara itu gatotkaca mendapat mimpi buruk,dalam mimpinya dia hanyut dalam sungai yang airnya kotor(keruh)dan bisa bertahan dengan cara memegang akar pohon cendana. merasa ada sasmita tak baik gatotkaca segera pamitan untuk menghadap gurunya eyang seto.

sementara di trajutisna sutedjo aka boma narakasura merasa geram mendengar pandawa akan menobatkan gatotkaca menjadi senopati. boma narakasura memang musuh bebuyutan gatotkaca. dia kemudian bertekad merebut pekerjaan membuat jalan tersebut dari tangan gatotkaca. maka kemudian dia berhasrat untuk mneminta bantuan ayahnya prabu kresna di kerajaan dwarawati. rombongan trajutisna dipimpin oleh boma narakasura, patih pancatnyono dan punakawan (bilung dan togog) berangkat menuju dwarawati bersama ratusan prajurit raksasa.

sementara di ngamarta puntodewo mengutus antaredja ke dwarawati menjemput prabu kresna dan abimanyu ke pertapaan eyang abiyasa.tujuanya untuk menghadiri dan memebri restu saat pelantikan sneopati muda pandawa. maka berangkatlah abimanyu dan para punakawan (semar,gareng,petruk,bagong) ke pertapaan eyang abiyasa. sementara antaredja berangkat ke dwarawati.
di keraton dwarawati kresna menerima rombongan trajutisna. sutedja meminta kresna menerima permintaan dirinya untuk mengambil alih tugas dari gatotkaca untuk membuat jalan dari kayangan ke tegal kurusetra. dengan harapan bahwa boma narkasura aka sutedja bisa diangkat menjadi senopati pandawa. kresna condong kepada keinginan anaknya. kemudian datanglah rombongan ngamarta dibawah pimpinan antaredja, yang meminta prabu kresna untuk datang ke ngamarta.merasa bahwa ayahnya akan mendukung pihak gatotkaca dengan hadir ke ngamarta, boma naraksura membuat geger dengan menolak permintaan antaeja dan mengajaknya keluar dari paseban ke alun alun.

bomanarakasura meminta antaredja balik dan melapor bahwa ayahnya kresna menolak untuk dibawa ke ngamarta.antaredja menolak karena prabu kresna sendiri belummemberi keputusan menolak atau menerima. karena samasama ngotot terjadi pertempuran. dalamperkelahian pertama bomanarakasura jatuh terlentang terkena pukulan antaredja. setelah dibangunkan bilung dan togog boma narakasura maju dan berhasil menggigit antaredja dengan siyung saktinya, giliran antaredja yang terkapar.

bilung dan togog menasehatkan agar sutedja mundur,karena antaredja memiliki upas yang sangat sakti,dan menjelaskan bahwa kakek sutedja bhatara naga raja masih punya hubungan saudara dengan kakek antaredja bhatara anantaboga. tapi sutedja ngotot melanjutkan perkelahan karena yakin menang. antaredja bangun dan menyemburkan bisanya. bomanarakasura jatuh bergelimpangan. sutedja lalu memanggil patih pancatnyono dan memerintahkan bala raksasa trajustisna mengeroyok antaredja.

patih setyaki keluar memisahkan perkelahian, antaredja mau berdamai tapi pihak trajutisna ngotot. ahirnya setyaki menghajar bala tentara raksasa trajutisna. boma narakasura tidak terima dan gantian berkelahi dengan setyaki. setyaki menghajar bomanarakasura sampai di pisah oleh prabu kresna. pada bomanarakasura kresna berpesan untuk datang ke pertapaan kakeknya dari pihak ibu, naga raja dan meminta bantuan padanya.sementara sri kresna ikut antaredja ke ngamarta.

sementara di pertapaan resi seto, gatotkaca menghadap resi seta. disana gatotkaca bercerita tentang tugasnya membuat jalan dari kayangan sampai tegalkuru setra dan meminta restu sang resi. resi seto memberikan restunya dan sekaligus membabarkan arti mimpinya gatotkaca. arti mimpi itu adalah bahwa dia akan difitnah oleh orang dekat yang masih saudara dengannya, untungnya gatotkaca bersikap satria dan ahirnya selamat.resi seto memberikan perlambang bahwa yang bakal menghalanginya adalah orang yang menjadi musuh gatotkaca dalam lakon pecahnya topeng wojo.

gatotkaca kemudian merasa bimbang mengetahui bahwa musuhnya adalah bomanarakasura dan berniyat melabraknya tapi dilarang resi seta.dia diutus untuk datang kengamarta karena dalam penglihatan resi seta,ngamarta kemasukan penyusup yang mempunyai sikap angkara murka.resi seta berjanji untuk mengikutidrai belakang dan memberikan pengawasan serta perlindungan kepada gatotkaca.

gatotkaca meminta sifat kandel berupa ilmu tambahan kepada resi seta. gatotkaca meminta ilmu brajamusti, dan diberikan oleh resiseta dengan syarat syarat antara lain,mandi di 7 tempuran sungai, bersabar kepada segala mahluk, dan puasa ngalong mutih mbisu selama 40 hari plus menjauhi wanita selama dalam laku. halini disanggupi oleh gatotkaca.
gatotkaca setelah menerima aji brajamusti pun undur diri kembali ke ngamarta. resi seta lalu mempunyai kehendak menguji mental muridnya gatotkaca. resi seta berubah malih rupa jadi cewek dan menggoda gatotkaca. untung gatotkaca yang digoda dapat bertahan,maka luluslah ujian gatotkaca. dan gatotkaca melanjutkan perjalanan ke ngamarta diikutin dari belakang oleh resiseta.

alkisah di pertapaan eyang bhatara naga raja, kedatangan tamu cucunya raja trajutisna bomanarakasura. disana ada juga pertiwi istri kresna sekaligus ibu boma naraksura dan anak naga raja. bomanarakasura mengaturkan maksud kedatanganya. pertama kalinya bhetara naga rajamenolak permintaan cucunya dan menasehati supaya cucunya kembali ke jalan yang bener. tapi sutedja memaksa dan mengancam bunuh diri jika ditolak, pertiwi ibunya lalu mendukung kemauan anaknya dan berpamitan pada ayahnya untuk memebrikan bantuan kepada anaknya. ayahnya naga raja ahirnya menyetujui memberi bantuan setelah didesak anak dan cucunya.lalu naga raja yang berbentuk ular besar ini berubah wujud menjadi raja gagah berjuluk prabu slih warna supaya tidakdikenali dalam menolong cucunya mencapai cita citanya.maka bergeraklah rombongan trajutisna menuju alas tunggulrono untuk mulai membabat alas dan membuat jalan.

di jalan, togog dan mbilung tahu bahwa naga raja menyamar, mereka menasehati naga raja untuk tidak meneruskan kelakuanya,tapi naga raja tetep berniyat terus membantu menolong anakny dan cucunya.anaknya pertiwi disuruh untuk bertapa dipantai dengan pesan jangan pulang jika belum mendengar kabar gatotkaca mati. di alas tunggulrono pasukan trajutisna bertemu gatotkaca dan perkelahian terjadi. gatotkaca berhasil memukul mundur balatentara trajutisna, sampai ahirnya prabu silih warna maju. dalam perang melawan prabu silih warna gatotkaca terlempar setiap kali terbang melewati kepala prabu silih warna.sampai ahirnya gatotkaca terlempar jauh kebelakang dan bertemu gurunya eyang seta.eyang seta dengan kewaskitaanya tahu bahwa yang dihadapi gatotkaca adalah dewa, maka eyang seta masuk ke tubuh gatotkaca dan ikut maju perang.

kali ini prabu silih warna bisa dikalahkan, dan ahrnya pasukan trajutisna dimundurkan sementara. resi seta keluar dari wadag gatotkaca dan menyuruh gatotkaca meneruskan perjalanan ke ngamarta. sementara di pertapaan eyang abiyasa abimanyu dan punakawan telah sampai. eyang abiyasa memberikan suatu lamat atau perlambang bahwa akan terjadi peristiwa yang buruk
terhadap abimanyu dan ngamarta. abimanyu dan punakawan disuruh segera kembali ke ngamarta.

dijalan abimanyu bertemu denganbalatentara trajutisna, perang terjadi dan raksasa banyak yang tewas. tapi karena ketetapan dewata maka sekalipun sehari mati 7kali ada ketetepan bahwa raksasa raksasa trajutisna baru bisa mati jika tuannya sutedja aka bomanarakasura mati. maka setelah dibunuh raksasa itu hidupkembali dan berlarian kocar kacir meninggalkan abimanyu dan para punakawan.

didalam hutan tunggul rono abimanyu bertemu gatotkaca, dan disitu gatotkaca membunuh abimanyu. abimanyu tak mau melawan dan tewas di tangan gatotkaca. punakawan kebingungan dan membawa mayat abimanyu ke istana ngamarta. di istana gatotkaca telah hadir bersama dengan para pandawa, prabu kresna juga ada dan baru berucap kata kata. prabu kresna mengusulkan agar mulai saat itu di ngamarta diadakan hukuman mati.puntodewo dan para pandawa menyetujui.

suasana kaget ketika punakawan masuk dan membawa mayat abimanyu. pandawa kaget dan menanyakan siapa yang membunuh abimanyu.petruk menjawab yang membunuh adalah gatotkaca. kresna meminta gatotkaca dihukum mati atas kesalahanya. bimamarah dan menusukan kuku pancanaka ke tubuh gatotkaca dan melemparkanya ke angkasa. sadewa yang paling cerdik daripandawa mendekati petrukdan berkata bahwa petruk salah dalam melapor, dia yakin bahwa yang membunuh abimanyu bukan gatotkaca.

sadewa lalu menemui resi seta dan menceritakan segalanya. resi seta lalu membuat rencana menangkap naga raja. dikisahkan naga raja yang berubah menjadi prabu silih warna kaget karena ada gatotkaca muncul dihadapanya. ternyata itu adalah anaknya raden pratiwi anggono adik dewi pratiwi. rupanya sri kresna sudah membuat rencana agar pratiwi anggono menyamar menjadi gatotkaca dan membunuh abimanyu ketika kresna masuk ngamarta untuk minta diadakan hukuman manti.

abimanyu dibuang kelaut karena kresna mngaku kembang wijaya kesumanya hilang dan tak bisa menghidupkan kembali putra pandawa itu. sementara mayat gatotkaca jatuh di tempat nagaraja dan pratiwi anggono bertemu. karena kaget maka buta trajutsina menusuk nusuk tubuh gatotkaca dengan senjata.bukanya matimalah bangun dan melihat ada gatotkaca palsu, maka seketika ada gatotkaca kembar di tempat itu. gatotkaca berperang melawan gatotkaca.

resi seta dan punakawan sampai di tempat kejadian.resi seta meringkus naga raja, dan gatotkaca asli meringkus gatotkaca palsu yang berubah wujud menjadi wujud aslinya raden pratiwi anggono. mereka dibawa ke ngamarta untuk diadili. sementara di tengah laut tubuh abimanyu dimainkan gelombang dan sampai ke tempat dewi pratiwi. dewipratiwi lalu menyembuhkan luka abimanyu dan bertekad menuntut gatotkaca.

kraton ngamarta gempar, meua terbongkar, ahirnya naga raja dan pratiwi anggono dilepas karena abimanyu ditolong oleh dewipratiwi.sementara kresna diminta untuk membantu gatotkaca merampungkan tugansya bersama seluruh kekuatan naga raja, pratiwi anggono, dan balatentara trajutisna.dan kresna pun menyanggupi tugas tersebut.

Jejer Kayangan
Batara Guru dihadap Batara Bayu, Batara Narada, Batari Durga, dan Batara Penyarikan.
Para dewa membicarakan tentang gara-gara yang terjadi di dunia. Batari Durga juga menyampaikan kabar bahwa para jin dan siluman di hutan Mandalasara mulai protes karena hawa panas yang dibawa oleh bayi bima yang masih tebungkus. Para jin berunjuk rasa menuntut persoalan ini segera diselesaikan karena banyak jin yang tertabrak bayi bima menjadi cacat Karen panasnya bungkus tersebut.

Di saat perbincangan semakin serius, kemudian munculah anak Gajah Erawata yang berwarna putih yang bernama Gajah sena. Gajah Sena ingin mencapai kesempurnaan dan menanyakan caranya kepada Batara Guru.

Alhasil rapat kayangan itu berhasil menemukan jalan keluar untuk mengatasi persoalan ini. Lalu diutuslah Batara Bayu, Batari Durga, Gajah Sena dan Batara Narada untuk turun kedunia memecahkan bungkus bayi itu.

Di hutan Mandalasara
Bayi bima sedang biam di tengah hutan yang sudah hampir rata dengan tanah karena di tabrak oleh bayi ima ini selama berhari hari. Setelah paradewa berkumpul, lalu Batari Durga masuk ke bungkus bima untuk memberi anugrah berupa sandang yang antara lain kain poleng bang bintulu, kelatbahu dan gelang candrakirana, kalung nagabanda dan pupuk jarot asem.
Setelah Batari durga keluar tiba giliran Gajah Sena memecah bungkus bima. Bungkusan bayi itu ditabrak, dibanting dan di injak injang hingga pecah. Saat itu keanehan terjadi, Bayi bima muncul sebagai seorang yang bertubuh besar dan sekali tendang, Gajah Sena pun musnah dan menyatu di tubuh Bima.

Batara Bayu lalu menyapu bungkusan bima sampai ke pangkuan Begawan Sapwani. Bungkusan itu kelak menjadi ksatria gagah yang bernama Jayadrata. Setelah selesai, Batara Narada memberi petunjuk kepada Bima untuk kembali ke Astina menemui ayahnya dan saudara-saudaranya (Puntadewa (kakaknya) dan Arjuna(adiknya)).dan para dewa kembali ke kayangan.

Kerajaan Astina
Tahun berganti tahun, Bima tumbuh menjadi semakin kuat dan juga bermusuhan dengan Kurawa. Karena tidak ada yang bisa menandingi Bima lalu para kurawa mengajak bima minum sampai mabuk. Lalu tubuhnya di lempar ke sumur jalatunda yang berisi ular berbisa. Disana Bima ditolong oleh Batara Badawanganala yang kemudian memberi kesaktian untuk kebal akan segala macam racun dan dinamai Bondan Pesajandu.

Bale Sigala- Gala
Sengkuni dihadap Duryudana, Dursasana, dan kurawa lainnya. Atas hasutan Sengkuni, para kurawa diminta untuk membuat pesta penyerahan tahta kerajaan di tengah hutan dimana telah dibangun pesanggrahan tempat untuk pandawa yang terbuat dari kayu yang mudah terbakar. Saat waktunya tiba para kurawa hanya menunda-nunda sampa para pandawa mabuk Karena kebanyakan minum. Saat itu hanya BIma yang tidak mabuk. Setelah tengah malam para pandawa tertidur. Pesanggrahan mereka dibakar. Oleh Bima kesemua saudara dan ibunya dibawa masuk ke terowongan atas petunjuk garangan putih. Sampailah mereka di Kayangan Saptapertala. Disana Bima lalu menikah dengan Dewi Nagagini (berputra Antareja).

Saat perjalanan pengenbaraan kembali ke astina, mereka melewati wilayah Pringgandani, di sana Bima bertemu dengan Arimba dan bertempur karena silang pendapat sehingga Arimba tewas (Arimba dendam pada Pandawa karena Prabu tremboko sebelumnya dibunuh oleh Pandu atas hasutan sengkuni). Arimbi, adik Arimba justru malah jatuh cinta pada Bima dan atas sabda Dewi Kunti, Dewi Arimbi menjadi cantik dan menikah dengan Bima. (mereka kemudian berputra Gatotkaca)

Tahun berganti tahun, Pandawa akhirnya berhasil mendirikan kerajaan yang makmur bernama amarta.

Kerajaan Astina
Para kurawa mendesak Durna untuk mencelakakan Bima. Awalnya Durna menola namun atas desakan para kurawa dan pernyataan2 sengkuni yang memojokkan , pergilah Durna menemui Bima. Disana ia meminta Bima mencari air suci tirta perwitasari di samodra dengan tujuan menenggelamkan Bima di tengah samodra.

Semua penghalang di terjang, pergilah Bima kesana kemari sampai di samudra. Ia bingung. Lalu muncullah sosok dewa Ruci yang memberinya pengetahuan tentang tirta perwitasari yang sebenarnya ada di dalam hati yang paling dalam. Setelah itu kembali lah Bima ke Amarta dan lalu menjadi Begawan Bima Suci.

Tegal Kurusetra
Semua cara untuk mancapai perdamaian antara Kurawa dan Pandawa gagal sehingga pecahlah Baratayuda. Dalam Baratayuda Bima berhasil membunuh banyak Kurawa dan juga beberapa raja pendukung. Sampai pada hari ke 16 Baratayuda, Bima berhasil ngithik ithik perutnya Dursasana sampe ususnya pada jebol. Bima juga berhasil membunuh Sengkuni.

Hari terakhir Baratayuda, Duryudana menjadi lawan si Bima. Di sini si Baladewa dating uintuk menjadi wasit. Setelah pertempuran berlangsung sengit, Bima akhirnya menang denagn memukulkan gada ke paha kiri Duryudana.

13.5.08

Mengapa ada orang yang bersedia mengeluarkan uang membeli aplikasi anti virus apabila ada alternatif gratis yang dapat dipakai gratis? AVG mampu melakukan hampir semua fitur yang datang dengan aplikasi anti virus komersiil, termasuk real time virus checking dan memeriksa email scanning.

Versi 2008 dari anti virus ini memiliki beberapa perbaharuan yang mengagumkan. Fitur baru yang terpenting adalah peningkatan kinerja. Secara umum, AVG 2008 jauh lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya dan hal ini sudah merupakan alasan yang cukup baik untuk mengunduh versi terbaru ini. Selain itu, AVG 2008 juga memiliki tampilan yang sama sekali baru dan tampak jauh lebih menarik dari versi sebelumnya.



Yang kedua, aplikasi ini kini mampu menghapus sekaligus memblokir tracking cookie. Saat anda mengunjungi situs - situs yang menempatkan cookie jenis ini ke komputer anda, AVG akan langsung memberikan peringatan dan memberikan pilihan apakah anda ingin menghapus atau membiarkan cookie ini.

Terlebih lagi, saat melakukan pencarian di Google, AVG kini menandakan apakah hasil pencarian yang ditampilkan Google aman untuk dikunjungi. Satu - satunya keluhan tentang fitur ini adalah fakta bahwa ia memperlambat penampilan hasil pencarian, tetapi untungnya fitur ini dapat anda matikan di panel konfigurasi AVG.

Download AVG Free 8.0 (AVG server)


  • A Completely Redesigned Interface, including Album Art
  • Multiple device support, including iPods
  • Access and Share Your Music and Videos with Winamp Remote
  • Play and Playlist the Best Music on the Web with Media Monitor
  • Get Artist & Concert News, Videos & more with Smart Search
  • Enjoy Dynamic Song Recommendations
  • Experience MP3 Surround Sound Support
  • Access to Thousands of Internet Radio Stations, Videos and More!
  • 50 FREE MP3 Music Downloads compliments of eMusic's 2-week Trial
  • Auto-Tagger provides automatic updates to file information
  • Control Winamp From Your Browser with the Winamp Toolba


Winamp 0.20 (0.2 MB)
Winamp 0.92 (0.4 MB)
Winamp 0.95 (0.4 MB)
Winamp 0.95.2 (0.4 MB)
Winamp 0.96 (0.4 MB)
Winamp 0.97 Beta (0.3MB)
Winamp 0.99 (0.3 MB)
Winamp 1.00 (0.4 MB)
Winamp 1.10 (0.4 MB)
Winamp 1.20 (0.4 MB)
Winamp 1.40 (0.3 MB)
Winamp 1.45 (0.3 MB)
Winamp 1.50 (0.3 MB)
Winamp 1.51 (0.3 MB)
Winamp 1.54 (0.3 MB)
Winamp 1.55 (0.3 MB)
Winamp 1.60 (0.3 MB)
Winamp 1.61 (0.3 MB)
Winamp 1.62 (0.3 MB)
Winamp 1.63 (0.3 MB)
Winamp 1.64 (0.3 MB)
Winamp 1.69 (0.3 MB)
Winamp 1.70 (0.3 MB)
Winamp 1.72 (0.3 MB)
Winamp 1.73 (0.3 MB)
Winamp 1.80 (0.3 MB)
Winamp 1.81 (0.3 MB)
Winamp 1.82 (0.3 MB)
Winamp 1.90 (0.5 MB)
Winamp 1.92 (0.5 MB)
Winamp 2.00 (0.5 MB)

Winamp 1.91 (0.6 MB)
Winamp 2.01 (0.5 MB)

Winamp 2.02 (0.6 MB)
Winamp 2.03 (0.5 MB)
Winamp 2.04 (0.5 MB)
Winamp 2.05 (0.5 MB)
Winamp 2.06 (0.6 MB)
Winamp 2.07 (0.6 MB)
Winamp 2.08 (0.6 MB)
Winamp 2.09 (0.5 MB)
Winamp 2.10 (0.6 MB)
Winamp 2.11 (0.6 MB)
Winamp 2.20 (0.6 MB)
Winamp 2.21 (0.6 MB)
Winamp 2.22 (0.7 MB)
Winamp 2.23 (0.7 MB)
Winamp 2.24 (1.2 MB)
Winamp 2.50 (1.8 MB)
Winamp 2.60 (2.0 MB)
Winamp 2.61 (2.0 MB)
Winamp 2.62 (2.0 MB)
Winamp 2.64 (2.1 MB)
Winamp 2.65 (2.1 MB)
Winamp 2.666 (2.1 MB)
Winamp 2.70 (2.0 MB)
Winamp 2.71 (2.2 MB)
Winamp 2.72 (2.2 MB)
Winamp 2.73 (2.2 MB)
Winamp 2.74 (2.2 MB)
Winamp 2.75 (2.2 MB)
Winamp 2.76 (2.2 MB)

Winamp 2.77 (1.7 MB)

Winamp 2.78 (1.9 MB)
Winamp 2.79 (1.9 MB)
Winamp 2.80 (1.9 MB)
Winamp 2.81 (1.7 MB)
Winamp 2.91 (2.2 MB)
Winamp 2.95 (2.4 MB)
Winamp 3.0 (3.3 MB)
Winamp 5.0 (4.0 MB)
Winamp 5.01 (4.0 MB)
Winamp 5.02 (4.2 MB)
Winamp 5.03 (4.3 MB)
Winamp 5.04 (4.5 MB)
Winamp 5.05 (4.5 MB)
Winamp 5.06 (4.5 MB)
Winamp 5.07 (4.5 MB)
Winamp 5.08 (4.5 MB)
Winamp 5.09 (4.6 MB)
Winamp 5.1 (5.9 MB)
Winamp 5.111 (5.7 MB)
Winamp 5.112 (5.7 MB)
Winamp 5.13 (5.2 MB)
Winamp 5.2 (5.3 MB)
Winamp 5.21 Lite (1.0 MB)
Winamp 5.21 (5.3 MB)
Winamp 5.23 Lite (1.2 MB)
Winamp 5.24 Lite (1.2 MB)
Winamp 5.24 (4.6 MB)
Download [ Winamp 5.531 FULL ]
Download [ Winamp 5.531 LITE ]




brand cyberlink corp.
Display-Display Positions Adjustments 39.7MB
General-Packaged Quantity DVD0700IWD000
Minimum Requirements-Dependencies Display (Screen Resolution): 1024 x 768 or 1280 x 1024(4:3 or widescreen)
Minimum Hard Drive Space: 90 MB
Minimum Memory (RAM): 256 MB RAM
Other System Requirements: Sound Card * PCI sound card or on-board audioOptical Drive * DVD-ROM, DVD-ROM/CD-RW combo, DVD-R/RW, DVD+RW or DVD-RAM drive with 1394, ATAPI, SCSI, USB 2.0 or Card Bus interface
Processor (CPU): * Minimum: Intel Pentium III 866 MHz or AMD Athlon 1.0 GHz or above (see note below)* Recommended: Intel Pentium 4 2.4 GHz or AMD Athlon 2.8 GHz
Video Card: AGP or PCI Express graphic accelerator with DirectDraw Overly Support
Minimum Requirements-Supported OS Windows Me,Windows 2000,Windows XP,Windows XP Home,Windows XP Pro,Windows MCE,Windows 2003 Server,Windows Vista Starter,Windows Vista Home Basic,Windows Vista Home Premium,Windows Vista Business,Windows Vista Enterprise,Windows Vista Ultimate,Windows Vista Home Basic x64,Windows Vista Home Premium x64,Windows Vista Business x64,Windows Vista Enterprise x64,Windows Vista Ultimate x64
Miscellaneous-License Type Complete Package
Miscellaneous-Limitations No limitations
Sizespeed-Download Speed Dial-Up (53.3 kbps): 01:41:42|DSL/Cable (384 kbps): 00:14:07|DSL/Cable (768 kbps): 00:07:03|T1 (1.5 Mbps): 00:03:31



PowerDVD 1.5 (2.6 MB)
PowerDVD 3 (4.5 MB)
PowerDVD 4 (6.0 MB)
PowerDVD 5 (6.1 MB)
PowerDVD 6 (28.0 MB)
PowerDVD 7 (32.4 MB)



Powerful audio/video play & conversion
Multifunctional toolbar
MCE (Microsoft Media Center) compatible Remote controller support *
Additional features
- Repeat A<->B
- Bookmark
- Bookmark menu is shown when clicking click time information in jetAudio window.
- History (Resume)
- History menu is shown when clicking click track number in jetAudio window.
[* Guide when using remote controller]
If you want to change settings in Navigator window, go to Preferences dialog box, then choose Advanced -> General item in left window. Select "Remote Controller Plugin" then Config button.
(for MCE remote controller)
- GUIDE button : Display Navigator window
- MUTE button : Delete a file in Navigator window
- MORE button : Sort files (Navigator) or change audio (DVD playback)
- BACK button : Refresh (Navigator)
- RECORDED TV button : Switch to File Mode
- DVD MENU button : Switch to Disc Mode (when stopped) or display DVD menu screen (while playing DVD)
- CH +/- button : Switch to next/previous album/playlist
- LIVE TV button : Change subtitle (DVD playback)
(for Streamzap remote controller)
- MENU button : Display Navigator window
- MUTE button : Delete a file in Navigator window
- RED button : Sort files (Navigator) or change audio (DVD playback)
- GREEN button : Refresh (Navigator) or change subtitle (DVD playback)
- YELLOW button : Switch to File Mode
- BLUE button : Play disc (when stopped) or display menu (DVD playback)
- CH +/- button : Switch to next/previous album/playlist

System Requirements
Pentium 800 MHz or faster CPU
256MB of RAM (512MB or more Recommended)
40 MB of free hard disk space
Operating system : Windows 98/Me/2000/XP/Vista
Soundcard, speakers or headphones
Microphone (Optional)
Internet Connection (Optional)
Highly recommended software components :
DirectX 8 or higher version
QuickTime 4 or higher version (needed to play QuickTime files)

jetAudio 4.7 (7.2 MB)
jetAudio 5.19 (18 MB)
jetAudio 6.2.4 (15.7 MB)
jetAudio 6.2.5-8220 (16.3 MB)
jetAudio 6.2.6 (16 MB)
jetAudio 7.0.0 (22 MB)
jetAudio 7.0.1 (22 MB)
jetAudio 7.0.2 (22 MB)

10.5.08

Hidup tidak selamanya indah, kadang terasa manis dan kadang terasa
pahit. Terkadang berada di bawah, terkadang pula di atas. Perputaran
bumi mengelilingi matahari mempengaruhi isi alam jagat raya ini,
pergantian siang dan malam, musim hujan dan kemarau menandakan bahwa
selalu terjadi perubahan dalam hidup ini.

Perubahan-perubahan yang sudah terjadi maupun gejala-gejala perubahan
yang ada tersebut seharusnya disikapi dengan benar jika Anda tidak
ingin tergilas oleh perubahan itu sendiri. Di dunia ini tidak ada yang
kekal atau tidak berubah. Semuanya berubah menuju suatu keseimbangan
dan terus menaati hukum alam. Justru perubahan itulah yang abadi.
Bahkan perubahan itu, sudah terjadi sejak kita belum lahir ke dunia ini.

Mari kita perhatikan proses kelahiran manusia mulai dari pembuahan sel
sperma, kemudian berkembang menjadi janin dan selanjutnya lahir ke
dunia sampai dewasa hingga akhirnya meninggal dunia. Kita telah
mengalami banyak sekali perubahan baik yang terjadi pada fisik, cara
berpikir, maupun lingkungan hidup yang menyertai kita. Oleh karena
itu, tidak sepatutnya bila kita meresa 'nyaman' dan berusaha
mempertahankan status quo, tidak mau berubah! Tidak mau belajar!

Untuk mengawali adanya perubahan dalam hidup ini, mulailah dengan
bersikap terbuka terhadap perubahan di sekitar. Amati dan analisis
dampak setiap perubahan yang ada terutama terhadap kehidupan Anda.
Dengan sikap seperti itu, Anda menjadi terbiasa terhadap perubahan dan
menjadi adaptable (mudah beradaptasi).

Perubahan hidup menuju suatu visi yang profesional merupakan suatu
sikap mental yang perlu dilatih dan tidak dapat ujug-ujug (Jawa =
seketika) datang pada Anda. Meski demikian, untuk mengubah mind set
(pola pikir) yang kerdil menjadi sebuah pemikiran profesional, yang
selalu mengedepankan positif thinking dalam setiap permasalahan,
menjadi leader dalam menata hidupnya bukanlah pekerjaan mustahil,
walau dalam prosesnya dibutuhkan waktu, kemauan keras, dan disiplin.
Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk memulai belajar menumbuhkan
kesadaran dengan alasan-alasan yang kuat untuk berubah. Ada baiknya
Anda menyadari bahwa tuntutan untuk menjadi lebih baik (berubah) itu
bukan hanya dari dalam diri Anda sendiri (karena kebutuhan internal),
tetapi juga faktor eksternal - adanya tuntutan perubahan yang semakin
kencang.

Ada beberapa hal penting yang bisa kita jadikan amunisi dalam bergerak
menuju suatu perubahan besar dalam hidup, mentransformasikan pemikiran
yang kerdil menuju suatu pemikiran dahsyat yang akan mempengaruhi
hidup ini.

KREATIF
Ibarat sebuah perjalanan, kita melakoni hidup ini dengan selalu
berusaha mencari jalan yang lurus-lurus saja alias aman-aman saja,
jalan yang biasa dilalui orang banyak. Akibatnya kita menjadi tidak
tahu kalau di luar ada alternatif jalan yang pemandangannya lebih
bagus, lebih mulus, bahkan bisa mengantarkan kita lebih cepat sampai
tujuan. Kita juga sering tidak peduli apakah jalan yang selama ini
kita lalui sudah penuh sesak dengan kendaraan dan lalu lalang manusia
sehingga membuat perjalanan menjadi lambat dan gerah, bahkan macet.

Begitulah sedikit gambaran kehidupan ini. Silakan Anda bercermin,
memikirkan atau mengevaluasi bahwa jalan hidup yang selama ini Anda
lalui merupakan jalan terbaik yang mampu mengantarkan Anda lebih cepat
sampai tujuan? Jangan-jangan, selama ini kita hanya mengikuti arus
perjalanan dari kebanyakan orang yang sama-sama tidak mengetahui
kondisi jalan di depan sana, yang ternyata sudah macet. Oleh karena
itulah saat ini merupakan momen yang tepat bagi Anda untuk bercermin,
merenungkan kembali jalan yang Anda tempuh.

Tak peduli berapapun langkah yang telah Anda lalui dalam hidup ini,
sekarang saatnya Anda membelokkan arah 'kemudi' untuk mencari jalan
yang lebih baik dan penuh petualangan. Jalan yang akan memberikan
pemandangan indah dalam hidup. Jalan itu tidak lain yaitu dengan
merubah metode hidup ini menjadi pribadi unggul yang bisa bermanfaat
bagi dirinya sendiri ataupun untuk orang lain. Untuk membelokkan arah
'kemudi' tersebut dibutuhkan kemauan dan keteguhan hati. Bila Anda
sudah mau dan yakin akan istiqomah, sedikit demi sedikit Anda akan
menemukan hal-hal baru dan realita baru dalam hidup ini. Selamat
menikmati!

Agar anda mampu membelokkan 'kemudi' dalam hidup ini, tentukan dulu
visi, misi, dan tujuan hidup Anda pada 5 tahun, 10 tahun, 15 tahun dan
seterusnya. Akan menjadi apa atau akan menjadi siapa Anda pada
tahun-tahun tersebut. Gambarkan dengan jelas serta siapkan
langkah-langkahnya. Ketahui pula hal-hal yang dapat dijadikan motor
atau kompor dalam mendorong perubahan hidup Anda.

ADAPTABILITY
Perubahan jaman yang terus berkembang, arus teknologi yang berlari
dengan cepat, rupanya mengharuskan kita untuk bisa menyesuaikan
langkah agar tidak terlindas jaman dan terlindas teknologi.
Adaptability (mampu beradaptasi) adalah suatu sikap yang akan
mengantarkan kita pada suatu keseimbangan yang menjadi warna dalam
hidup ini. Mampu memanfaatkan segala situasi juga merupakan sikap
adaptability yang bisa menempatkan diri kita di segala warna.

Ketika teknologi mulai menguasai warna hidup, maka sudah sepatutnya
kita sebagai jiwa profesional pun harus menguasai teknologi. Jangan
sampai kita dibuat seperti orang bodoh yang tidak bermanfaat hanya
karena kita Gagap Teknologi.

Tapi saudaraku, mampu beradaptasi tidak selamanya harus mengikuti
fenomena yang terjadi, kita bisa menggunakan agama sebagai filter
dalam melangkah. Memilih yang baik dan membuang yang buruk merupakan
salah satu cermin dari pribadi profesional.

KONSISTENSI
Setiap langkah yang kita tapakkan, setiap keputusan yang kita
pikirkan, tentu akan ada konsekuensinya. Seberapa besar konsekuensi
tersebut tergantung seberapa besar konsistensi yang kita tanamkan.

Setiap manusia pasti mempunyai keinginan, dan seberapa besar keinginan
tersebut akan tercapai,tergantung konsistensi yang dia tanamkan. Punya
cita dan harapan tanpa ada usaha, maka akan sia-sia. Ada usaha tanpa
ada upaya istiqomah, juga akan sia-sia.

Saudaraku...Mulai sekarang mari kita tanamkan jiwa istiqomah dalam
setiap langkah demi tercapainya suatu cita.

E N E R G Y
Wahai jiwa yang merasa muda...
Wahai jiwa yang merasa kuat...
Wahai jiwa yang mendambakan kemenangan...

Sudah saatnya untuk mengerahkan tenaga, sudah saatnya kita bangkit...
Wahai yang masih asyik dengan selimutmu...Bangun!!!
Waktu telah meninggalkanmu, masa siap melindasmu...
Gunakan tenagamu untuk berkarya.
Jadikan tenagamu sebagai alat manfaat bagi dirimu dan saudaramu...

Mari kita BERUBAH, Salam Perubahan!

JAKARTA – Pelaku bisnis jika ingin survive harus cerdik melihat peluang usaha sebagai kesempatan. Memang tidak setiap pebisnis mampu menerapkannya. Pengalaman dan naluri bisnis yang tajam amat membantu mereka untuk membaca situasi di mana harus masuk. Ini berlaku bukan hanya bagi pengusaha besar, namun juga pengusaha kecil. Hal yang seringkali dianggap sepele, namun hasilnya bisa dahsyat sebab pengusaha kecil dalam waktu singkat bisa menjadi besar.

Contoh gamblang untuk hal ini adalah bagaimana memanfaatkan perubahan pola konsumsi masyarakat menjadi lahan bisnis yang menguntungkan. Ini banyak dimanfaatkan oleh pengusaha kecil dan menengah (UKM). Di Sidoarjo, Jawa Timur, misalnya, banyak nelayan yang biasa membawa kue terang bulan untuk sarapan dan konsumsi mereka selama berlayar. Kue yang terbuat dari tepung terigu itu cukup mengenyangkan, rasanya enak, dan bergizi.
Selain digemari nelayan, kue terang bulan disukai juga oleh buruh pabrik sebagai menu sarapannya. Sebagai daerah industri terbesar di Jawa Timur, di “Kota Kerupuk” itu banyak pekerja pabrik. Karena itu, wajar saja jika bisnis kue terang bulan di sana melejit. Sentra produk-sinya terletak di Kemantren, sebuah desa di Kecamatan Talangan, Sidoarjo.

Menurut Wacana Mitra, yakni media UKM makanan berbasis tepung, pengusaha kue terang bulan nyaris tidak mengenal risiko rugi walau tidak laku. Sebab mereka memproduksi berdasarkan pesanan pedagang dan hebatnya penjualannya dilakukan dengan cara kontan. Kue itu dijajakan pedagang di pasar-pasar sekitar Sidoarjo, seperti Pasar Mojosari dan Pasar Krian.
Melihat bentuk dan cara pembuatannya kue ini, sederhana sekali. Bentuknya bulat kemudian dilipat dua, dengan diameter 10 cm dan tebal 3 cm. Panganan kecil ini baru berkembang di Kemantren sekitar tahun 1980-an. Salah satu pelopornya adalah Salamun, yang sekarang mampu menghabiskan 6 sak terigu sehari untuk kebutuhan produksinya.
Kue terang bulan hanya salah satu contoh bagaimana sebuah produk berbahan baku tepung terigu, bisa menjelma menjadi pilihan makanan pokok masyarakat, di samping nasi.
Dalam skala yang lebih luas, mie dan roti merupakan contoh jenis makanan berbahan baku tepung lain, yang sekarang sudah menjadi bagian dari kebiasaan konsumsi masyarakat di mana saja. Karena itu, potensi bisnis kedua jenis makanan itu terus berkembang dan banyak usaha skala kecil menengah (UKM) yang berhasil memanfaatkannya.

Berbagi Pasar
Saking besarnya potensi tersebut, pengusaha skala industri dan UKM pun tampak bisa saling berbagi pasar. Misalnya, jika mie instan banyak dikuasai industri karena membutuhkan investasi yang sangat besar pula, maka mie basah yang menjadi bahan baku mie siap saji banyak digarap oleh UKM. Begitu pula roti. Hadirnya produsen skala industri yang mengusung merek terkenal tidak menghambat produsen kelas UKM. Masing-masing sudah memiliki pasar sendiri-sendiri.

Roti misalnya yang semula berduit, tapi kemudian dengan cepat merambah ke semua kalangan.
Di sini pengusaha skala UKM banyak memberikan andil. Dengan kreativitas dan naluri bisnis, mereka lantas membuat roti yang harganya bisa dijangkau konsumen lapisan menengah-bawah.
Setelah roti, berbagai jenis makanan berbahan baku tepung terigu lain menyusul menjadi komoditi bisnis UKM. Misalnya, cake, donat, dsb. Belakangan, roti burger dan pizza pun dijajakan UKM untuk masyarakat luas, melalui gerobak mangkal atau yang bisa bergerak dengan roda kayuh menyusuri kampung-kampung.
Pada beberapa kasus, perkembangan industri jenis makanan tertentu malah menjadi pilihan utama bagi orang berkantong cekak, karena harganya lebih murah. Misalnya, di beberapa tempat, harga mie atau roti bisa lebih murah dari sepiring nasi berikut lauknya.

Pola Konsumsi
Menurut Prof. Dr. Deddy Muchtadi, pakar teknologi pangan dari IPB, dalam telaahnya mengatakan, perubahan pola konsumsi tersebut antara lain didorong oleh keterbatasan persediaan beras di satu sisi, dan pesatnya perkembangan industri makanan berbasis tepung di sisi lainnya. ”Meningkatnya daya masyarakat juga menjadi daya dorong yang cukup besar,” ungkap Deddy.
Dilihat dari sisi ini, lokomotif perubahan pola konsumsi adalah masyarakat menengah-atas. Misalnya, merekalah yang pertama kali mengkonsumsi roti burger atau pizza sehingga makanan tersebut memiliki gengsi tinggi.

Karenanya, ketika ada UKM yang memasarkan jenis makanan itu dengan harga murah, masyarakat menengah bawah bisa dengan cepat menyambarnya, antara lain karena ingin meniru pola konsumsi orang berduit. ”Lama-kelamaan, yang bicara bukan soal gengsi lagi, tapi kebiasaan,” jelas Deddy.
Perubahan pola atau gaya hidup, juga menjadi faktor pemicu terjadinya perubahan pola konsumsi. Misalnya, orang zaman sekarang semakin sibuk dengan jam kerja lebih panjang, mendorong mereka untuk memilih makanan yang penyajiannya lebih praktis tapi tetap beragam.
Apapun yang menjadi faktor pendorongnya, kecenderungan perubahan pola konsumsi yang tampak berkembang cepat itu, Deddy menilai sebagai hal positif.
(SH/gatot irawan)

sumber : sinar harapan online

MAINAN anak-anak produk impor sudah membanjiri pasar lokal. Mungkin, di antara kita yang memiliki anak kecil, mainan impor, seperti mobil-mobilan dari plastik, sudah menjadi limbah karena mainan itu rusak dan tidak terpakai lagi. Di tengah membanjirnya produk impor, pengusaha mainan edukasi anak-anak Dhanang Sasongko justru merintis usaha yang lebih besar.

"Awalnya, saya hanya membuat mainan balok-balok dan huruf dari kayu untuk anak- anak," kata Dhanang saat ditemui di stan pameran produk mainan edukasi anak-anak Kadoku Toys Indonesia di Arena Pekan Raya Jakarta, pekan lalu. Mainan itu dibuat untuk anak- anak di Taman Pendidikan Al Quran.

Mainan kotak-kotak itu tidak hanya diminati anak-anak, melainkan juga orangtua murid. "Beberapa orangtua anak- anak itu membeli mainan kotak tersebut," ujarnya.

Respons positif yang ditunjukkan oleh para orangtua menggugah pikirannya. Produk ini memiliki peluang bisnis. Dia pun mengajak seorang tukang kayu untuk bekerja sama membuat produk mainan yang memiliki kualitas lebih baik. Tak hanya sampai di situ, Dhanang juga mengajak rekannya yang bekerja di pabrik mainan membantunya.

Pengusaha muda itu juga harus mencari sendiri bahan baku kayu. Bahan kayu diambil dari limbah kayu yang berasal dari tempat untuk mengemas mesin- mesin atau barang-barang impor (pallet).
"Saya cari di daerah Klender dan juga di luar kota," kata Dhanang, yang di awal bisnisnya dibantu oleh tiga orang dengan satu mesin pemotong kayu yang dibelinya di Glodok.

Untuk memasarkan mainan edukasi anak-anak ke pasar yang lebih luas, dia mengikuti pameran di beberapa pusat perbelanjaan. Akhir 2004 ia pun mengikuti pasar murah (bazar) di kantin Departemen Perindustrian dan Perdagangan untuk memasarkan mainan dengan merek Kadoku. "Sejak saat itu, saya didampingi oleh staf Departemen Perindustrian dan Departemen Perdagangan untuk mengikuti pameran-pameran," katanya.

Dampaknya luar biasa. Mainan edukasi anak-anak itu terus menjadi incaran pembeli. "Tahun 2003 produksi baru sekitar 3.000 set mainan per bulan. Akhir tahun 2004, sejak ada pameran-pameran lebih besar, produksi mulai meningkat menjadi 4.000 per bulan. Tahun 2005 ini, produksi meningkat lagi sekitar 5.000 set per bulan," katanya.

Jumlah tenaga kerja yang mampu diserap sekarang ini sebanyak 20 orang. Tenaga kerja itu diupah dengan sistem borongan. Pembayaran per dua minggu mencapai Rp 300.000- Rp 400.000 per orang. Selain itu, ada juga tenaga kerja di beberapa daerah yang membuat bagian-bagian tertentu dari mainan anak-anak itu.

Dalam perjalanan bisnisnya, persoalan tidak mudah dilalui. Saat tuntutan produksi meningkat, ia justru memikirkan bagaimana mengembangkan produksi. Ia pun mencari rekanan kerja. Jadi ada tukang kayu di daerah saya minta untuk membuat bagian-bagian dari produk mainan edukasi anak- anak itu, misalnya, roda atau balok. "Lalu, saya buat menjadi produk jadi," ujarnya.

Persoalan yang lebih berat juga muncul. "Saya tidak punya modal banyak untuk tempat usaha yang lebih besar, membeli mesin-mesin pemotong, termasuk penambahan tenaga kerja," katanya. Apalagi, perbankan tidak mudah memberikan pembiayaan. "Persyaratan terlalu berat dan prosedurnya berbelit- belit," katanya.

Suatu ketika seorang pengelola pendidikan Bina Sarana Informatika menawarkan sebuah tempat usaha kepada dirinya. Lokasi proyek di kompleks kawasan industri dan gudang Taman Tekno BSD, di Tangerang sebagai tempat usaha yang baru senilai lebih kurang Rp 650 juta. "Gudang itu boleh saya gunakan dua tahun. Kalau usaha berjalan lancar, baru nanti hitung-hitungan," ujarnya.

Jika usaha maju, ia pun diberi kesempatan untuk terus menyewa atau membeli gudang itu. "Pengelola itu juga memberi bantuan modal kerja sebesar Rp 300 juta," katanya. Sebagai konsekuensinya, pengelola itu mendapat penyertaan saham sebesar 25 persen.

Dengan gudang yang baru itu, produksi ditingkatkan sebanyak 10.000 set per bulan. Penambahan produksi itu tidak terlalu sulit bagi Danang. Ia tinggal menambah line produksi, yaitu menambah mesin produksi. "Saya rencanakan membuat enam line produksi," katanya.

Semuanya nanti ada mekanismenya yang lebih rapi, mulai dari pemotongan kayu, proses pembuatan mainan, proses pembuatan tahap akhir (finishing), hingga pengecatan. Baru setelah itu proses kontrol kualitas, terutama pengecekan saat barang dikemas sebelum dikirim ke pembeli. Selain itu, dirinya berhasil menjalin kerja sama dengan PT Kimia Farma, yang dalam hal ini berperan membantu promosi.

Kepala Program Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Kimia Farma Bambang mengungkapkan, dalam bermitra dengan UKM, seperti Kadoku Toys Indonesia, pihaknya memberikan bantuan pinjaman lunak sebesar Rp 25 juta. Selain itu, juga mendanai kegiatan promosi UKM jika ada pameran-pameran di dalam negeri, termasuk luar negeri.

Dengan gencarnya promosi produk mainan edukasi anak- anak, pesanan pun sekarang ini mulai berlimpah. Pesanan yang ada tidak hanya untuk agen- agen, tetapi juga untuk proyek sekolah anak-anak.

"Saya berharap, jika pabrik di gudang yang baru sudah berjalan bisa memenuhi seluruh pesanan pembeli," katanya.

Mudah-mudahan saja, industri kecil di sektor mainan anak- anak yang telah dirintis dapat berkembang dengan inovasi produk. Peluang pasar produk mainan edukasi anak-anak tidak hanya ada di pasar dalam negeri, melainkan juga di pasar ekspor. Kalau produk mainan anak-anak impor dapat membanjiri pasar dalam negeri, diharapkan produk lokal mainan edukasi anak-anak itu pun mampu menembus pasar ekspor di kemudian hari. (FER)

sumber : Kompas

Semua orang yang berusaha meningkatkan diri dan ilmu pengetahuannya pasti tahu bahwa hidup akan lebih mudah dijalani bila kita selalu berfikir positif. Tapi, bagaimana melatih diri supaya pikiran positiflah yang 'beredar' di kepala kita, tak banyak yang tahu. Oleh karena itu, sebaiknya kita kenali saja dulu ciri-ciri orang yang berfikir positif dan mulai mencoba meniru jalan pikirannya.

1. Melihat masalah sebagai tantangan
Bandingkan dengan orang yang melihat masalah sebagai cobaan hidup yang terlalu berat dan bikin hidupnya jadi paling sengsara sedunia!

2. Menikmati hidupnya
Pemikiran positif akan membuat seseorang menerima keadaannya dengan besar hati, meski tak berarti ia tak berusaha untuk mencapai hidup yang lebih baik.

3. Pikiran terbuka untuk menerima saran dan ide
Karena dengan begitu, boleh jadi ada hal-hal baru yang akan membuat segala sesuatu lebih baik.


4. Mengenyahkan pikiran negatif segera setelah pikiran itu terlintas di benak
'Memelihara' pikiran negatif lama-lama bisa diibaratkan membangunkan singa tidur. Sebetulnya tidak apa-apa, ternyata malah bisa menimbulkan masalah.

5. Mensyukuri apa yang dimilikinya
Dan bukannya berkeluh-kesah tentang apa-apa yang tidak dipunyainya.

6. Tidak mendengarkan gosip yang tak menentu
Sudah pasti, gosip berkawan baik dengan pikiran negatif. Karena itu, mendengarkan omongan yang tak ada juntrungannya adalah perilaku yang dijauhi si pemikir positif.

7. Tidak bikin alasan, tapi langsung bikin tindakan
Pernah dengar plesetan NATO (No Action, Talk Only), kan? Nah, mereka ini jelas bukan penganutnya.
8. Menggunakan bahasa positif
Maksudnya, kalimat-kalimat yang bernadakan optimisme, seperti, "Masalah itu pasti akan terselesaikan," dan "Dia memang berbakat".

9. Menggunakan bahasa tubuh yang positif
Di antaranya adalah senyum, berjalan dengan langkah tegap, dan gerakan tangan yang ekspresif, atau anggukan. Mereka juga berbicara dengan intonasi yang bersahabat, antusias, dan 'hidup'.

10. Peduli pada citra diri
Itu sebabnya, mereka berusaha tampil baik. Bukan hanya di luar, tapi juga di dalam.
sumber : www.sme-center.com

1.5.08

1. Semua perkara yang melibatkan bahasa ialah wacana. Retorik menjadi komponen yang penting bagi wacana.
2. Fonologi merupakan kajian mengenai fonem sebagai unit bahasa. Sintaksis pula mengkaji ayat sebagai unit bahasa, binaan serta konstruksinya. Bagaimanapun kebolehan menguasai bidang-bidang ini hanya menjamin kebolehan menggunakan sistem dan peraturan-peraturan tatabahasa sahaja.
3. Tingkat-tingkat fonem, morfem, kata. frasa, klausa, dan ayat merupakan peringkat bentuk; manakala wacana merupakan peringkat fungsi.
4. Kamus Dewan mentakrifkan wacana sebagai:

i. keseluruhan tutur yang merupakan suatu kesatuan, ucapan, pertuturan, percakapan'

ii. kesatuan fikiran yang utuh, sama ada dalam bentuk lisan (seperti pidato, khutbah) atau tulisan (seperti surat, aartikel, novel, cerpen).

5. Wacana ialah satu unit bahasa yag lengkap . Ia melebihi tingkat ayat.
6. Oleh kerana sifatnya yang lengkap wacana mempunyai tubuh teks seperti berikut:

a. pendahuluan

b. tubuh - isi, munasabah, logik, menarik, berkesan, usur-unsur paralinguistik (tanda bacaan, cetakan tebal, miring, garis tebal)

c. penutup

d. graf, jadual, peta dan statistik.

7. Ia dapat digambarkan seperti berikut:

8. Wcana boleh ditulis dalam pelbagai bentukpenulisan, iaitu sama ada naratif (pemerian), deskriptif (pengambaran), eksposisi (pendedahan) atau penghujahan.
9. Wacana mempunyai penanda, juga dikenali sebagai penanda wacana.
Fungsi Contoh
1. Tambahan dan, serta, lagi, tambahan lagi, tambahan pula, selanjutnya, seterusnya, di samping.
2. Urutan pertama, kedua, seterusnya, selepas itu, kemudian, kemudian daripada itu, akhirnya.
3. Penyataan semula iaitu, yakni, dengan kata lain, seperti yang diterangkan.
4. Contoh contohnya, seperti, ibarat, laksana, macam, umpama, bagai, bak kata, sebagai.
5. Rumusan rumusannya, kesimpulannya, sebagai kesimpulan, akhir kata, sebagai penyimpul kata
6. Tempat berhampiran dengan, bersebelahan dengan, bertentangan dengan.
7. Waktu apabila, ketika, semasa, kemudian, selepas, pada mulanya, lama-kelamaan, lambat-laun, akhirnya.
8. Sebab dan kesan oleh itu, sebab itu, justeru itu, fasal, lantaran, jadi, dengan itu.
9. Bandingan seperti juga, serupa dengan, sesuai dengan, sama juga dengan.
10. Pertentangan tetapi, sebaliknya, sungguhpun, walau bagaimanapun, namun begitu, bertentangan dengan.
11. Pengesahan sebenarnya, sesungguhnya, sewajarnya, tentulah, pastilah, sememangnya.