27.11.08

Apalah arti sebuah nama ” begitulah ungkapan yang sering kita dengar dari orang orang yang meremehkan dan belum menyadari pentingnya nama yang mereka sandangi, padahal jika mereka dipanggil ANJING, ( sadar atau tidak sadar ) pasti akan tersinggung dan naik pitam, dari sini sudah jelas penting arti dari sebuah nama.

Nama adalah cerminan harapan Orang tua. Setiap Muslim dianjurkan untuk memberi nama anaknya dengan nama yang Islami yang baik, indah dan mengandung makna yang mulia. Seorang Anak berhak memperoleh nama yang baik. Seorang sahabat datang kepada Rasulullah saw dengan menggandeng anaknya, lalu dia bertanya : "Ya, Rasulullah, apa hak anakku ini atasku ?...,Rasulullah menjawab, Membaguskan namanya, memperbaiki adabnya (sopan santun) dan menempatkannya pada kedudukan (posisi) yang baik (fisik dan spiritual)" (H.R. Aththusi).

Nama dalam pergaulan sehari hari merupakan alat dan tanda pengenal, namun di dalam islam, nama mempunyai peranan dan arti yang sangat penting, disamping sebagai doa juga sebagai tanda pengenal di akhirat,

Sudah menjadi suatu hal yang lazim orang tua akan mencarikan nama yang baik untuk calon anak mereka. Bagi keluarga muslim hendaknya mencarikan nama yang beridentitas muslim. Tapi banyak para orang tua muslim yang sulit untuk mencari nama yang mencerminkan seorang muslim. Untuk itu saya mencoba membantu dengan menampilkan nama-nama yang Islami berikut artinya.

Nama untuk laki – laki

Nama untuk perempuan

Baca-Baca Yang Ini Juga

12 Komentar Teman:

Anonim mengatakan...

nice postingab bro,

thanks ya

Anonim mengatakan...

waktu keponakan belom lahir, saya nyari nama2 islami banyak banget eh pas udah ketemu nama yang cocok atau disukai lahirnya tidak sesuai dengan harapan :D siapin nama cowok eh lahirnya cewek :))

preni mengatakan...

yups...
begitu pentingnya nama, sampe² banyak artis yang ganti nama mereka, emang kaya gitu perlu ya?padahal kan ortu mereka udah kasi nama dengan harapan yang baik buat mereka, tapi malah diganti.emang perlu ya?

Anonim mengatakan...

wah bagus postingnya bos

NAZA LUCKZANA mengatakan...

sip ...nama adalah doa, dan sebaik doa jika diucapkan bisa diresapi oleh semua orang terutama yang punya, seindah apapun nama jika ditidak dimengerti yang punya apalah gunanya. namanya mirip punya nabi tapi masuk berita patroli, itu lebih mencoreng publik.jadi buat naza setelah memberi nama orang tua harus terus menanamkan nama dan artinya dalam diri anak.jangan memberi nama jika kita sendiri yang memberikan hanya baca dari koran tanpa mampu meresapi..........

Syaiful Safril mengatakan...

Nama merupakan Do;a Ortu buat sang anak, kelak anaknya diharapkan menjadi org yg berguna bagi kedua ortunya, agama dan bangsa

yoyo mengatakan...

tapi klo sekarang kebanyakan namanya keren², ada yg dinamakan sesuai dengan artis idola si ortu, ato gak nama² yang keBule²an :)

Anonim mengatakan...

klo namaku baik gak ya???
ortuku dl ngasih nama memang dgn harapan aq akan jd anak yg baik :)
nice post bro

faisal mengatakan...

makasih atas motivasinya!

Anonim mengatakan...

An outstanding share! I've just forwarded this onto a colleague who has been doing a little homework on this. And he in fact bought me lunch because I stumbled upon it for him... lol. So let me reword this.... Thanks for the meal!! But yeah, thanks for spending some time to discuss this topic here on your website.
Here is my site :: clean my pc

Anonim mengatakan...

Hi to every one, the contents present at this web page are actually awesome for people experience, well, keep up
the nice work fellows.
Here is my page - how to make iphone apps

Anonim mengatakan...

I was wondering if you ever considered changing the structure of your site?
Its very well written; I love what youve got to say.
But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better.

Youve got an awful lot of text for only having one or 2 pictures.
Maybe you could space it out better?
Also see my website > http://boligityrkia.net

Posting Komentar