5.11.08

Sakit kepala migrain sangat terasa terutama saat tidur, yaitu penderita sering terbangun pada waktu dini hari dan mengalami sakit kepala pada satu sisi yang berpusat di sekitar mata yang mengakibatkan mata merah dan berair. Serangan ini terjadi antara 1/2 jam hingga 2 jam. Penderita juga merasakan sesak napas, pilek, penderita selalu ingin bergerak, membenturkan kepala ke tembok da lain-lain.

Jenis sakit kepala migrain kluster terbagi atas 3 jenis, yaitu,

1. sakit kepala yang disertai gangguan pada penglihatan yang terjadi secara menetap. Biasanya ini terjadi pada kalangan orang lanjut usia.
2. sakit kepala yang terjadi akibat adanya gangguan penyakit lain.
3. sakit kepala berdenyut-denyut yang hilang timbul dan disertai nyeri pada pembuluh darah di sekitar leher.

Agar terhindari dari serangan migrain atau kluster salah satunya adalah dengan membatasi bahan makanan yang dapat memicu timbulnya sakit kepala. Bahan makanan yang sabaiknya dihindari atau dibatasi pengkonsumsiannya, antara lain, makanan yang mengandung monosodium glutamat (MSG), makanan yang mengandung zat amines, nitrit, aspartam, makanan yang diawetkan seperti ikan, daging, hotdog, dan lain-lain.
Selain itu, makanan yang harus dihindari lainnya adalah bumbu atau penyedap rasa yang mengandung bahan kimiawi, kacang-kacangan atau biji-bijian, kafein, es krim, alkohol, asparagus merah, anggur merah, buah almond, roti segar dan lain-lain.

Walaupun banyak faktor yang memicu timbulnya migrain, tetapi jenis penyakit ini dapat disembuhkan atau minimal dikurangi. Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meredam sakit kepala antara lain,

1. Relaksasi dapat dilakukan dengan cara melakukan gerak tubuh seperti: merentang, dan bernapas. Gerakan ini bisa dilakukan sebagai tindakan langkah pencegahan. Relaksasi akan memperlancar aliran energi dan darah yang lebih lancar sehingga otot-otot anda mengendor.
2. Konsumsikan makanan dan minuman yang nilai gizinya seimbang, sehingga saat melakukan kegiatan anda tidak kehilangan energi dan sakit kepala tidak akan menyerang.
3. olahraga. Pilihlah olahraga ringan atau yang sesuai dengan kondisi tubuh misalnya joging, senam, ayunan tangan, bersepeda, renang, dan lain-lain.

Jika timbulnya sakit kepala disebabkan oleh penyakit tertentu, sebaiknya segera atasi penyakit tersebut. Upaya yang dilakukan dengan menggunakan tanaman obat. Yaitu,

1. gunakan 60 Gram daun lidah buaya dikupas kulitnya, kemudian bagian dalamnya dipotong-potong, 10 gram jahe, dan gula merah secukupnya direbus dengan air 400 cc hingga tersisa 200 cc lalu diminum airnya selagi hangat.
2. Bahan lainnya adalah 25 gram jahe, gula merah secukupnya direbut dengan 400 cc air hingga tersisa 200cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.
Bisa juga menggunakan kayu manis, cengkeh, biji pala, dan merica asing-masing secukupnya dijadikan bubuk, kemudian diseduh dengan air panas secukupnya.

3. Setelah itu disaring dan diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur. Gunakan sebanyak 5 gram setiap kali minum.
Atau gunakan 25 gram kencur, 25 gram jahe direbut dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian air rebusannya diminum selagi hangat.
4. Bisa juga menggunakan daun kangkung dan batangnya direbus, atau dibuat masakan sesuai selera, kemudian dimakan.
5. Bawang putih pun cukup efektif, ambil bawang putih secukupnya direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc lalu, disaring dan airnya diminum selagi hangat.

Artikel ini di ambil dari :

Prof HM Hembing Wijayakusuma, ahli
pengobatan tradisional dan akupunktur,

Baca-Baca Yang Ini Juga

8 Komentar Teman:

Fitriansyah mengatakan...

kalo migren saya mah kare kekurangan duit, gimana cara ngatasinnya? wakakaakk... link sdh tak pasang, link back soon ya?? thq

ipanks mengatakan...

om linknya udah saya pasang.ditunggu link baliknya.makasih

preni mengatakan...

lha? banyak banget ya pantanganya...
lha trus suruh makan apaan donk..
hahahhaahaaa...

arielz mengatakan...

migren saya tanggal tua ajah tuh kang, ada solusi ga?

Nova mengatakan...

@: wah bang ansyah bisa aj,,klo tuh mah ak juga ha ha ha
@: ok maksih ipank link km jg sdh terpasang hehe
@: hmmm ya makan nasi atuh hehe preniii
@:wah ini bang arielz tgl tua gua gak migren mlh kepala pengen putus,,hahahah

ifoell mengatakan...

thx infonya..
aku juga sring migran nih..
apalagi kalo pekerjaan ku dah mnumpuk...

abahrafi mengatakan...

wah wah wah ada dokter rupanya yah, pak dokter kalo kanker = kantong kering bagaimana nih solusinya....hehehehe

kabuuuuuuuuuuurrrrrrrrrrr

zatnika G Nugraha mengatakan...

Sebenarnya itu cuma perasaan aja..
Coba rasain dan syukuri hal lain yang lebi positiff tentang suatu penyakit..
insyaAllah hilang sendiri, semuanya hanya fana..
referensi buku QuantumIkhlas penulis Erbe Sentanu, bagus untuk lebih mengerti akan hidup..

Zanika G Nugraha
www.ndatiesem.com :: info :: tips :: renungan ::

Posting Komentar