15.5.09

Kita sering menilai diri bagus karena idealisme kita. Sebaliknya kita menghakimi orang lain karena tindakannya. Padahal idealisme tanpa tindakan itu lumpuh, dan tindakan tanpa idealisme itu buta.

Idealisme hanya ada di pikiran. Jadi percuma juga kalau tindakan kita tidak mencerminkan idealisme itu. Karena sebagaimana kita mudah menghakimi orang lain dari tindakannya, kita juga dinilai orang dari tindakan kita,. Bukan apa yang kita idealkan.


Mengapa orang bisa bertindak tidak sejalan dengan idealismenya? Saya kira karena habit, kebiasaan, insting, refleks. Tubuhnya bertindak diluar kendali pikiran idealisnya.

Menurut Freud, ada tiga kepribadian dalam diri kita: ego, superego, dan id. Ego adalah kesadaran kita. Superego adalah idealisme kita hasil didikan. Id adalah pengendali tubuh fisik kita.

Jadi bisa terjadi ketiga kepribadian ini tidak sinkron. Id harus dilatih untuk patuh.Id harus punya refleks yang baik. gesit untuk melakukan tindakan yang produktif dan baik. Superego harus dikembangkan dengan mendalami nilai-nilai luhur. Superego harus diperluas sehingga tidak sempit. Ego harus belajar mengelola semua ini agar sinkron terintegrasi dan tidak saling berlawanan.

Point saya adalah kita harus terus belajar. Tidak boleh menyerah. Belajar untuk mengembangkan kepribadian kita itu. Belajar mengembangkan diri.

Kita bisa mencapai begitu banyak keberhasilan kalau kita bisa mensinkronkan idealisme dengan tindakan.

Baca-Baca Yang Ini Juga

8 Komentar Teman:

kre_thek mengatakan...

seepp... makasih sob.. :)
saia masih btuh banyak belajar lagi..

ina_muth2 mengatakan...

yupz, beLajar, beLajar, dan beLajar,...
ada gurunya juga ko,... Hehe,...
wekz :P

genialbutuhsomay mengatakan...

mo tanya dund, itu fs yuwie gmn caranya? di bayarnya lewat paypalkah? atau...................???

maacii..

andrii mengatakan...

ini blog bhsa Indonesia, tp kuk bsa dpt ads dari om gugel?!?!?!?

genialbutuhsomay mengatakan...

yuwie itu gmn???

genial mengatakan...

gag di jawap2 :(

septio hadianto mengatakan...

bener bgt nih.
tpi syang banyak dri kita yg salah mengartikan idealisme.

Daniel DPK mengatakan...

Setuju juragan..tapi kadang-kadang kita juga perlu untuk melihat apakah idealisme tersebut sesuai dengan realita..karena belum tentu idealisme kita akan sejajar dengan realita..ntar'kalo idealisme kita dipaksakan malah akan menghambat kita sendiri...


COMMENT ME 1 AND I'LL COMMENT YOU 2...
http://main-conspiracies.blogspot.com/

Posting Komentar