28.12.09

Edelweis (kadang ditulis eidelweis) atau Edelweis Jawa (Javanese edelweiss) juga dikenal sebagai Bunga Abadi yang mempunyai nama latin Anaphalis javanica, adalah tumbuhan endemik zona alpina/montana di berbagai pegunungan tinggi Indonesia. Tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian maksimal 8 m dengan batang mencapai sebesar kaki manusia walaupun umumnya tidak melebihi 1 m.


Di balik keindahan dari bunga edelweis ternyata tersimpan sebuah mitos, dimana bagi yang memberikan bunga ini kepada pasangannya, maka cintanya akan abadi. Tidak sedikit para pencinta yang menjadikan bunga abadi ini menjadi salah satu hadiah spesial bagi pasangannya. Konon, hal itu dimaksudkan agar cintanya abadi.

Mmm.., kalau bicara mengenai mitos memang susah, meskipun terkadang itu tidak masuk akal. Tapi di lain sisi, ketika posisi kita telah menjadi korbannya, justru sebaliknya, “Mitos mampu mengalahkan sebuah logika dan keyakinan”. Nggak percaya? Coba deh tanyain ke teman-teman kamu mengenai hal ini. Atau mungkin diantara kamu memiliki cerita tersendiri mengenai mitos ini.

Siapa yang nggak tahu bunga edelweis, atau banyak orang yang memberikan istilah dengan bunga abadi. Kalau dilihat dari bentuknya bunga ini sangat cantik, dan di balik kecantikannya itu tersimpan makna ataupun mitos yang cukup banyak mempercayainya. Butuh perjuangan untuk mendapatkannya, karena bunga yang satu ini biasanya tumbuh di puncak-puncak atau lereng-lereng gunung.

Oleh karena itu kamu bisa membayangkan betapa susahnya untuk bisa memetik si bunga abadi ini. Orang bilang, “Untuk mendapatkan bunga edelweis yang indah, maka semakin besar resiko yang dihadapi”, karena nyawa adalah tantangannya. Mengingat bahwa bunga edelweis telah menjadi bunga yang langka dan dilindungi, razia juga salah satu resiko yang harus ditanggung.

Tapi.., fenomena yang ada sekarang ini justru mengharuskan kita agar dapat bijaksana dan membuat benang merah agar bunga edelweis tetap ada sebagai pelepas dahaga jika seandainya suatu saat kita berdiri di sebuah puncak yang tinggi, dimana sekeliling kita adalah hamparan bunga abadi ini. Save Edelweis!

So, kalau pacar kamu bertanya, “Kenapa kamu (tiba-tiba) nggak suka bunga edelweis? Bukankah itu bunga abadi yang bisa membuat cinta kita abadi seperti bunga edelweis?”. Cari alasan lain aja deh, yaa.. mungkin kamu bisa bilang, “Bunga itu terlalu indah untukku..”, “Aku gak tega melihatnya, karena hanya bunga ini puncak dan lembah di pegunungan menjadi indah..”, atau, “Cinta kita akan lebih indah dan abadi jika kamu memberikan bunga bank..”. Bagi yang percaya bahwa bunga edelweis bisa membuat cinta kamu abadi, akan lebih bijaksana kalau kamu justru membiarkan bunga itu tumbuh dan abadi sesuai pada tempatnya.

Kamu tidak akan pernah mendapatkan cinta abadi (dari sekuntum bunga abadi), tapi adalah cinta sejati (juga bukan dari sekuntum bunga Edelweis). Dan kamu justru tidak akan mendapatkan keduanya jika kamu tidak meyakini bahwa yang sedang kamu rasakan


Baca-Baca Yang Ini Juga

18 Komentar Teman:

barajakom mengatakan...

keren

ina mengatakan...

bagus...

jambrong mengatakan...

kalimat yang tengah(bunga bank)dengernya sedih banget,tapi kalo kalimat yang terakhir...
wooow,bikin semangat....

theday mengatakan...

setujuuuuu, bagus

OEN-OEN mengatakan...

wow

ekodanu mengatakan...

mantap gan...
aye setuju bgt,deeh

Coretan sang akhwat mengatakan...

beneer tuh, membiarkan edelweis ttep tumbuh dan berbunga tanpa diusik oLeh kita.
kalo memang menganggap bunga ini bunga keabadian.

sama seperti orang yang kita sayang, kita jaga dan dipertahankan tanpa merusaknya/menyakitinya.

destyana's honey mengatakan...

setuju sih, tapi mau tanya dong, kalau yang ngasinya bukan pacar itu gimana?
^_^

lestari sari mengatakan...

good post :)
bagusss..

stieawan mengatakan...

asik

Indri Pangestika R mengatakan...

Kern bgt

uni martowardoyo mengatakan...

hehe.. bunga bank-nya tu.. bisa aja.. :D
aku pernah dapat bunga edelweis dr teman.. tp aku jg sama sekali ga menghubung2kannya dg mitos ato menjadikannya s.s.t yg sakral..#malah baru tau ttg mitos bunga edelweis stlh baca tulisan di atas...kkk.

Asty tuhulele mengatakan...

ArtikeEL ini bermaknaAa dalam hal perdEBatan bungan edelways yg bercerita tantang keaBadian ( cinta sejati )

ono setyani mengatakan...

btul

wahyu kurniawan mengatakan...

Bagus tapi sedih jg jika ke abadian harus di kasih benang merah,,,,

herry hendri mengatakan...

punya pengalaman pribadi dengan EDELWEIS ..

Sayur dan Buah mengatakan...

Hahahaha i like it..
Bener tuh, harus diselamatkan.. Jangan menuruti ego kita untuk memiliki bunga ini tanpa mempedulikan kelestariannya..

Adelwais FEBRIATI YURNI mengatakan...

quafy.student.ipb.ac.id how wonderful it is.

Poskan Komentar