29.4.09

Arti Kejujuran
Jujur berarti berkata apa adanya, mengakui dengan kenyataan yang ada. Nabi Muhammad SAW bersabda : “Hendaklah engkau selalu berhati jujur, sebab jujur akan menyebabkan engkau selalu berada dalam kebaikan dan ke-baikan akan menuntun engkau masuk ke dalam surga”.

Kenapa Muzti Jujur??
Orang tua mengajarkan anaknya tentang bersikap jujur.
Anak : “Kenapa kita harus jujur, Bu?”
Ibu : “Karna jujur itu baik, orang yang jujur akan selalu disayang Tuhan.”
Semua orang tua pasti memotivasi anaknya buat bersikap jujur. Yah, memang benar!! Lalu apa kita bisa menjalani hidup ini dengan selamanya jadi orang jujur? Apakah kita sama sekali tidak boleh berbohong? Lalu masih adakah toleransi bagi kita untuk berbohong dalam hal-hal tertentu atau demi kepentingan tertentu?

Kejadian Lucu (Tidak Jujur)
Ketika orang tua melihat anaknya terjatuh dan menangis kesakitan, spontan orang tua itu pasti bilang :
“Oh, tidak apa-apa, Nak. Gag sakit kok, jangan nangis yah. Anak pintar!”
Bukankah secara tak langsung orang tua tersebut mengajarkan suatu “kebohongan” dengan menutupi rasa sakit itu. Hanya karna supaya anak itu tidak menangis???

Ada yang lain lagi :
Ketika bertamu, pemilik rumah bertanya :
“Sudah makan belum, makan sama-sama yuk!!!” meskipun pemilik rumah tersebut menawari dengan serius, pasti spontan kita akan menjawab :
“Owh, sudah!! Baru saja makan.” padahal sebenarnya kita belum makan.

Nah, kalau sudah seperti ini, sebenarnya dimana sih letak kejujuran itu? Apakah belajar mengejar kesempurnaan harus tidak bohong sama sekali? Bukankah dalam menjalani hidup ini kita harus mau tak mau “bertopeng”???

Ketika kita meyakinkan diri kita bahwa kita memang sudah “jujur”, tapi kemudian kita akan merasa kesulitan menjawab “Apakah sebenarnya saya ini tidak membohongi diri saya sendiri?”

Lalu bagaimanakah yang sesungguhnya? Semoga teman-teman bisa menjawabnya. Tentunya harus jawaban yang jujur lho!


Baca-Baca Yang Ini Juga

3 Komentar Teman:

novasan mengatakan...

hmm ya ya ya makasih ina dah mo post :

kejujuran??cipp,, d jaman skrang ini bgi mnusia sngat sulit d cri,,dan byk jg yg menganggap rmeh dan mungkin tdk brnilai

keju2rn adlh nilai lebih dr mnusia, krn bgitu sulit menemukan kejujuran pd mreka.

nice post,,smangat yach,,

Muhammad Sholeh mengatakan...

Jujur...satu kata yang termasuk dalam kumpulan kata-kata positif. Terkadang, ada keadaan dimana kita dihadapkan pad pilihan untuk bohong atau mngatakan jujur atu tidak? sebagai contoh, ada orang yang dalam bahaya dan dia dikejar2 kejar orang katena akan di bunuh (si orang tersebut bukan maling ya..).nah di waktu yang demikian jita harus jujur, jujur terhadap kondisi yang sebenarnya namun bisa menyelamatkan orang yang akan di bunuh tesebut..!!!

asep canda mengatakan...

oke deh thank ya info na tulisan nya keren bangetz
Lanjutkan!!!!!

Posting Komentar